oleh

Bekraf Umumkan Juara Lomba Cipta Lagu Anak 2018

-Kabar Seni-83 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2018 secara resmi diumumkan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), Rabu (20/6/2018) kemarin. Sebelumnya, pada 24 Mei silam, telah terpilih 5 finalis masuk ke babak final melalui tahapan seleksi yang ketat. Para finalis tersebut memasuki tahap penjurian akhir dan tahap voting publik yang dibuka sejak 30 Mei 2018 dan ditutup pada 18 Juni 2018 pukul 23.59 WIB. Dari proses penjurian akhir ditentukan Lagu Pemenang Utama dan dari proses voting publik ditentukan Lagu Pemenang Pilihan Publik.

“Keseluruhan proses Lomba Cipta Lagu Anak 2018 sangat positif, karena mendapat dukungan luar biasa dari banyak pihak. Baik dari publik awam maupun para profesional. Kedua lagu pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2018 ini bagus-bagus dan sangat berkualitas. Ini menunjukkan betapa publik kita memang merindukan lagu anak dan punya potensi besar untuk kembali membangkitkan popularitas lagu anak,” terang Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Kamis (20/6/2018) di Jakarta.

Potensi yang dimaksud Triawan terwakili dari jumlah lagu yang terdaftar sebagai peserta dalam Lomba Cipta Lagu Anak 2018 ini. Pasalnya hanya dalam periode 1 bulan masa pendaftaran, panitia menerima 1.865 lagu dari 1.212 peserta yang mengikuti program Lomba Cipta Lagu Anak 2018.

Dukungan publik berlanjut ketika tahap voting dibuka selama periode kurang lebih dua minggu, dimana jumlah total suara yang masuk adalah sebesar 2.712 suara.

Triawan meyakini Lomba Cipta Lagu Anak 2018 telah menjadi momentum yang akanmembangkitkan popularitas lagu anak-anak yang berkualitas. Program ini jelas akan menjadi salah satu program tahunan.

Adapun lagu Pemenang Utama berjudul: This Is My Holiday, ciptaan Stephen Irianto Wally. Sedangkan lagu Pemenang Pilihan Publik berjudul Menjelajah Dunia, ciptaan Nurul Susantono, didaftarkan oleh Era Patigo.

“Pemenang utama Lomba Cipta Lagu Anak 2018 yang terpilih melalui penilaian oleh dewan juri, akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 75 Juta. Sedangkan pemenang pilihan publik akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp  25 Juta. Hadiah tersebut merupakan persembahan dari Film Kulari Ke Pantai. Selain itu, lagu pemenang utama akan dibuatkan video klipnya. Kedua lagu tersebut akan dibawakan secara live oleh para penyanyinya dalam acara Gala Premier film Kulari Ke Pantai pada 23 Juni 2018 mendatang,” papar Triawan.

Lagu-lagu para finalis telah diaransemen ulang oleh RAN, dengan persetujuan dan keterlibatan masing-masing pencipta lagu, dan dinyanyikan oleh para pemain anak-anak film Kulari Ke Pantai, yaitu Maisha Kanna dan Lil’li Latisha, juga oleh Glenn Fredly, Arina Mocca, dan Kafin Sultan. Kelima lagu tersebut direkam ke dalam CD “Album Kompilasi yang terinspirasi dari film Kulari Ke Pantai.

Lomba Cipta Lagu Anak 2018 ini merupakan program kerja sama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Miles Films dan International Design School (IDS). (igo)

News Feed