oleh

Layanan SANTRI Prioritas Lansia di RSUD Kembangan

-Kesehatan-105 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Lansia (usia di atas 60 tahun) yang ingin berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan Kota Administrasi Jakarta Barat tidak perlu lama mengantri, sebab sejak Mei 2018 silam, RSU tipe atau kelas D itu telah menerapkan pelayanan SANTRI (sistem antrian) Prioritas Lansia.

Direktur RSUD Kembangan, dr Irma Riani, menjelaskan inovasi yang dilakukan pihaknya itu memang bertujuan untuk mempercepat waktu pelayanan bagi lansia yang berobat ke RSUD Kembangan.

“Jadi dengan SANTRI Prioritas Lansia ini kami ingin memberikan pelayanan yang cepat, ramah, mudah dan berkualitas, sehingga masyarakat khususnya para lansia merasa nyaman dan bahagia,” ujar Irma, di kantornya, beberapa waktu lalu.

Menurut Irma, inovasi SANTRI Prioritas Lansia efektif memangkas waktu pelayanan. Jika sebelumnya membutuhkan waktu sekitar satu jam, kini jauh lebih cepat. Karena mereka diberikan pelayanan prioritas dan nomor antrean juga terpisah dengan pasien umum.

“Sebelum ada inovasi SANTRI Prioritas Lansia, pelayanan bisa satu jam. Sekarang jadi lebih cepat, di bawah 40 menit sudah selesai semua dari mulai datang sampai selesai,” ungkapnya. 

Dia menjelaskan, saat lansia tiba di depan pintu masuk ruang pendaftaran, petugas langsung memberikan kalung khusus bagi lansia. Selanjutnya mereka dibantu petugas mengambil nomor antrean khusus untuk lansia. “Di mesin antrean ada dua tombol, satu untuk pasien umum, satu lagi untuk lansia,” jelas Irma.

Setelah memperoleh nomor antrean, mereka diarahkan ke kursi prioritas lansia yang jumlahnya sekitar delapan unit, sambil menunggu pendaftaran di loket prioritas lansia. Kemudian mereka diarahkan ke ruangan dokter yang juga ada kursi prioritas lansia-nya.

“Petugas kami siap membantu dan mendampingi pasien lansia selama proses pelayanan di RSUD Kembangan, dari mulai datang sampai selesai,” ujarnya.

RSUD Kembangan sebelumnya berupa Puskesmas Kecamatan Kembangan. Terletak di Jalan Topaz Raya Blok F2 No 3 Kelurahan Meruya Utara Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Berubah menjadi RSUD Kembangan sejak April 2015.

Dengan luas bangunan sekitar 2.500 meter persegi dan berlantai tiga, RSUD Kembangan memberikikan pelayanan 24 jam. Dilengkapi berbagai fasilitas, seperti IGD, ruang rawat inap (ranap), 32 tempat tidur/bed, rawat jalan, spesialis, laboratorium, farmasi dan radiologi.

Selain itu, poli penyakit dalam, anak, kebidanan, bedah, THT, gigi dan ruang operasi. Sedang total tenaga medis dan karyawan sebanyak 177 pegawai, terdiri atas PNS, Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) atau pekerja harian lepas (PHL) dan non PNS. Meliputi dokter umum, spesialis, gigi, perawat, bidan, TU, cleaning service (CS) dan satpam. 

Saat ini, RSUD Kembangan juga melakukan pembinaan kepada 25 lansia yang tergabung dalam Forum Seroja (sehat raga jasmani). Mereka rutin mengikuti senam sehat untuk lansia tiap Selasa dan Jumat serta mendapat penyuluhan tentang kesehatan dari RSUD Kembangan. Tahun lalu, Forum Seroja berhasil meraih juara lomba senam kata berantai di tingkat Kota Jakarta Barat. (hadi)

 

 

News Feed