oleh

Polisi Pertegas Mobil Neno Warisman Terbakar Karena Korsleting

-Hukum-108 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Polda Metro Jaya memastikan hubungan listrik arus pendek (korsleting) pada bagian baterai sebagai penyebab kebakaran mobil milik aktivis Neno Warisman. Kepastian itu didapat lewat uji laboratorium dan keterangan mekanik.    

“Hasil identifikasi kebakaran disebabkan korsleting pada baterai,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, saat dihubungi, di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Menurut Argo, tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri dan bengkel menganalisa dugaan penyebab kebakaran kendaraan tersebut. Dari hasil pemeriksaan, kabel positif baterai menempel pada bagian badan mobil sehingga menimbulkan percikan api yang membakar kendaraan.    

Sementara menurut Joko Handoyo, mekanik yang memperbaiki mobil Neno, korslet pada mobil artis yang menjadi inisiator #2019GantiPresiden itu karena posisi dudukan aki atau accu-nya terjatuh. Akibatnya, aki itu mentok ke badan mobil sehingga menyebabkan korsleting.

Joko menjelaskan, mobil yang dalam kondisi mati tetap bisa mengalami korslet asalkan posisi aki menyentuh badan mobil. Dalam kasus mobil Neno, ia memaparkan, bagian positif aki menyentuh bodi mobil karena bracket atau penyangga akinya terlepas sehingga memicu percikan. Dia menduga, penyangga tersebut sudah rapuh.

Sebelum terbakar pada Rabu atau Kamis (19/7/2018) dini hari sekitar pukul 00.00 WIB., bau hangus muncul dari mobil Neno. Kemudian pembantu Neno, yang ada di lantai 2, mencium bau hangus dan berusaha memadamkan api.

“Jadi sopir itu setelah parkir sudah membau (mencium bau). Setelah diparkir, sopir istirahat, dia membau ada hangus,” ujar Argo.

Suara ledakan sempat terjadi saat mobil Neno terbakar. Argo mengatakan ledakan berasal dari ban mobil yang terbakar.

“Jadi bannya meledak karena terbakar,” tutur dia.

Neno sendiri selaku pemilik mobil menceritakan, mobilnya terbakar saat sang sopir sudah pulang. Tetangga yang melihat peristiwa itu kemudian langsung ke satpam perumahan dan mengajaknya untuk membantu memadamkan api.

Mobil tersebut, ungkap Neno, tidak diparkir di garasi, tapi di jalan perumahan, di kawasan Cimanggis Depok, Jawa Barat, karena garari sedang direnovasi.

Saat kejadian, Neno mengaku tengah bersama Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di daerah Matraman. (wisesa)

News Feed