oleh

Buka Lebaran Betawi, Sandi Dapat Kejutan dari Wali Kota Jakbar

-Jabodetabek-446 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Saat mengunjungi anjungan rumah budaya Betawi Jakarta Barat, pada perayaan Lebaran Betawi di perkampungan budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7/2018) pagi, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mendapat kejutan berupa kue ulang tahun pernikahannya yang ke-22.

Kue black forest dengan tulisan ucapan “Selamat Ulang Tahun Bang Sandi dan Mpok Nur Asia” diberikan  oleh Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi sambil diiringi lagu selamat ulang tahun oleh para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Barat. 

Sandi terharu dan tersenyum ketika para pejabat Pemkot Jakarta Barat mengucapkan selamat ulang tahun pernikahan. “Selamat hari pernikahan Pak Sandi,” ujar mereka. 

Setelah berdoa, ia meniupkan lilin yang dinyalakan di atas black forest. Kemudian memotong dan membagikan kepada Rustam Efendi dan sejumlah tokoh Betawi. Kejutan buat Sandi juga datang dari para camat di wilayah Jakarta Barat. Setiap camat memberikan cinderamata berupa makanan khas Betawi, seperti kembang goyang, wajik, dodol, dan sebagainya. 

 

Disambut Palang Pintu

Sebelumnya Sandiaga Uno tiba di lokasi pukul 10.30 WIB dengan mengenakan baju Sadariah putih dibalut kain merah. Turut hadir dalam kegiatan tersebut lima wali kota yang ada di Ibukota.

Di lokasi acara, Sandi tampak antusias menyaksikan pertunjukan Palang Pintu yang dimainkan salah satu sanggar Betawi. Setidaknya ada tiga orang yang memainkan jurus-jurus silat di hadapan Sandi dan pengunjung.

Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Syaiful Amri mengatakan, tradisi Palang Pintu ini biasanya diadakan untuk menyambut tamu kehormatan dalam acara pesta pernikahan.

“Pak Wagub kedatangannya disambut dengan Palang Pintu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Lebaran Betawi kali ini merupakan yang ke-11 kali digelar. Sementara di Setu Babakan, acara tersebut terhitung sudah kedua kalinya diselenggarakan.

“Acara puncak akan digelar besok (Minggu) dihadiri Pak Gubernur. Untuk hari ini pembukaan dilakukan Pak Wagub,” tandasnya.

Sementara Sandi dalam sambutannya mengatakan, dirinya sudah kali kedua menghadiri perayaan ini dan lebih meriah. Semua budaya Betawi, mulai dari bangunan, seni budaya hingga makanan ada di perkampungan budaya Betawi. 

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada para tokoh Betawi yang menggelar perayaan lebaran Betawi. “Kaum Betawi dikenal penuh toleransi. Terbuka bagi siapa saja yang datang ke Jakarta. Sepintas terlihat galak, namun sejatinya sangat ramah, guyup dan sebagai pelopor kebhinekaan,” jelasnya. 

Lebaran Betawi dinilai sebagai ajang mengenalkan dan mempromosikan produk-produk khas Betawi. Bisa juga dijadikan ajang mengenalkan seni dan sanggar Betawi.

Lebaran Betawi ke-11 ini berlangsung hingga Minggu (29/7/2018), dan diramaikan dengan atraksi kesenian dan budaya Betawi, seperti palang pintu, ondel-ondel, gambang kromong, tari topeng Betawi, atraksi silat Betawi, dan sebagainya. (eka)

 

 

 

News Feed