oleh

AMMDes Diproduksi Januari 2019 Hingga 15.000 Unit

-Utama-85 views

 

Banten, Radar Pagi – Pemerintah tengah menggenjot produksi mobil pedesaan yang diberi nama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Saat ini Ammdes siap diproduksi sebanyak 3.000 unit, dan akan ditingkatkan menjadi 9.000-15.000 unit per tahun.

“Produksi massal akan dimulai pada Januari 2019,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (2/8/2018).

Menurut Menperin, serangkaian uji coba telah dilakukan dalam pengembangan AMMDes, termasuk mengenai perizinan dengan Kementerian Perhubungan yang rencananya akan keluar bulan November mendatang. 

Terkait suku cadangnya, Airlangga memastikan, ketersediaannya cukup banyak di pasaran. Di samping itu, distributornya juga telah tersedia. Sementara untuk harganya, Airlangga memproyeksi, Ammdes akan dibanderol sekitar Rp65-70 juta di luar aksesoris.

“Jadi aksesorisnya tergantung kebutuhan mereka. Misalnya, mau pakai pompa, berarti tambah Rp3 juta atau menggunakan rice milling tambah Rp7 juta,” tuturnya.

Mobil pedesaan multiguna ini akan didorong menggunakan bahan bakar jenis euro2 atau Biodiesel 20. (jar)

News Feed