oleh

Layanan Bike Sharing, 100 Sepeda Bisa Dipinjam Gratis

-Jabodetabek-711 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Jakarta kini memiliki layanan bike sharing di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Selama dua bulan masa uji coba, warga bisa menggunakan sepeda-sepeda yang telah disediakan untuk berkeliling Monas secara gratis.

Tapi bagaimana bila di antara pengguna sepeda ada yang membawa kabur sepeda tersebut? Sebaiknya berpikir seribu kali jika ingin mencurinya, sebab sepeda-sepeda yang digunakan ternyata dilengkapi teknologi Internet of Things (IoT) yang dapat memantau lokasi keberadaan sepeda.

“Secara teknologi, dari Jakarta Smart City juga bisa memantau secara real time arus pergerakan itu dari mana ke mana, hari apa, oleh siapa,” ujar Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa (GOWES), Iwan Suryaputra di Jakarta, baru-baru ini.

Layanan ini hadir atas kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Unit Pengelola (UP) Kawasan Monumen Nasional dan UP Jakarta Smart City, berkolaborasi dengan GOWES selaku operator bike sharing.

Selama masa uji coba ada 100 sepeda yang disediakan. Calon pengguna layanan bike sharing dapat mengunduh aplikasi GOWES di Play Store atau App Store.

Kemudian pengguna bisa memindai QR Code yang terletak di bagian belakang sepeda agar kuncinya terbuka dan sepeda bisa digunakan. Apabila telah selesai digunakan letakan sepeda di titik parkir yang ditentukan kemudian gembok secara manual.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meyakini bila layanan bike sharing ini sangat mendukung terciptanya lapangan kerja baru, baik untuk kebutuhan teknis tim lapangan dan rencana implementasi di area publik.

“Tentunya, akan ada lebih banyak pekerja-pekerja yang direkrut jika bike sharing ini semakin berkembang,” tuturnya.

Hadirnya layanan ini, sambung Sandi, tidak hanya dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun luar Jakarta. Tapi juga bisa dimanfaatkan oleh tamu-tamu negara peserta Asian Games XVIII.

“Selain bisa memfasilitasi untuk berolahraga, layanan ini akan mendukung potensi wisata di Monas,” terangnya.

“Kita ingin masyarakat hidup lebih sehat, terkoneksi dengan transportasi publik, serta ada perbaikan kualitas udara di Jakarta,” sambung Sandi. (syarizal)

 

 

News Feed