oleh

Jatim Bantu Penuhi Kebutuhan Pangan Nasional

-Ekonomi, Jawa-168 views

 

Gresik, Radar Pagi – Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo menjelaskan, Provinsi Jatim telah memberi sumbangan bagi pemenuhan kebutuhan pangan nasional. Di antaranya beras secara nasional 17,2%, jagung sebesar 26,6 %, tebu sebesar 22,062 %, dan sapi potong sebesar 27,39 %.

“Untuk beras produksi kita sebesar 8,5 juta Ton, yang dikonsumi di Jatim hanya sekitar 3,53 juta Ton, dan sisanya kita kirim ke luar Jatim,” ujarnya di Gresik, kemarin.

Pakde Karwo menambahkan, saat ini sumbangan kedelai secara nasional mencapai 31,9% namun minus 9 ribu Ton. Oleh sebab itu, pihaknya mengusulkan agar plan wood Sedayu Lawas bisa dikeruk untuk menambah lahan kedelai sehingga hasilnya bisa meningkat hingga 500 ribu Ton.

“Jika ini dilakukan maka akan ada tambahan lahan untuk kedelai, yakni di daerah Ngawi, Bojonegoro, Tuban dan Gresik. Sehingga, tidak perlu menambah lahan di tempat lain yang belum terbiasa dengan kedelai,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian RI Dr. H. Andi Amran Sulaiman mengatakan, kehadiran TTP merupakan bukti komitmen pemerintah untuk memajukan pertanian. Apalagi, sektor pertanian merupakan salah satu penyumbang terbesar pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Capaian hasil pertanian kita saat ini sudah sangat meningkat, bahkan beberapa sudah diekspor. Indonesia bisa dikatakan sudah swasembada protein,” terangnya.

Dijelaskan, pertanian Indonesia telah diakui di skala internasional dan berada di urutan ke 16 level dunia. Hal ini membuktikan bahwa kerja keras petani telah berhasil membuahkan prestasi khususnya untuk pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah, lanjutnya, juga terus mendukung petani dengan membuat kebijakan berupa peraturan presiden/perpres maupun di sisi anggaran lewat APBN.

“Sebenarnya yang dibutuhkan petani bukan anggaran, tapi kepastian bahwa mereka bisa diuntungkan. Oleh sebab itu, selain dukungan dari pemerintah petani juga harus ikut di proses produksinya,” tegas Amran.

Pada Rabu (8/8/2018) silam, Kementerian Pertanian secara resmi menyerahkan  TTP Kab. Gresik kepada Bupati Gresik Tahun 2018 di Desa Sukodono, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

Saat itu, Pakde Karwo berkesempatan mendampingi Mentan RI Amran Sulaiman melakukan menanam bibit mangga off-season yang merupakan salah satu unggulan TTP Kab. Gresik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, Chairman Polowijo Gosari Group Achmad Djauhar Arifin, dan jajaran Forkopimda Kab. Gresik, tim pokja pertanian wilayah Gresik dan Gapoktan Prov. Jatim. (agus)

 

News Feed