oleh

Mundur dari Menteri, Asman Abnur Galau

-Nasional-114 views

 

Jakarta, Radari Pagi – Asman Abnur mundur dari jabatan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Ternyata kader Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku sedang galau.

“Tadi pagi menghadap Pak Pratikno (Mensekneg) ingin menyampaikan kegalauan saya, kan saya ini menteri dari PAN, sementara PAN ini tidak mendukung Pak Jokowi‎. Tentu saya harus berpikir jangan sampai saya jadi beban pemerintah, beban Pak Presiden,” kata Asman di Jakarta, Selasa 14/8/2018).

Penyampaian pengunduran diri tersebut, kata Asman, baru disampaikan secara lisan dan belum ada surat resmi kepada Presiden Jokowi.

‎”Baru penyampaian secara lisan aja, ‎ya beliau (Pratikno) akan sampaikan ke Bapak Presiden, keputusan akhir tentu ada di Pak Presiden,” katanya.

Setelah pengunduran dirinya disetujui, Asman akan fokus berkampanye untuk dirinya sebagai calon anggota legislatif periode 2019-2024.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengakui kadernya mundur karena perbedaan sikap politik. “Secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Bapak Jokowi,” kata Viva di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Kata Viva, ada dua alasan Asman sehingga mundur dari kabinet Jokowi. Pertama,  tidak ingin menjadi beban dalam pemerintahan Jokowi. Kedua, agar menjadi pelajaran politik dalam rangka untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan, dan menjaga etika politik.

Di tempat yang sama, Sekjen PPP Arsul Sani memuji keputusan pengunduran diri Abnur. Hal itu, katanya, merupakan contoh yang baik, bahwa jika sudah di luar koalisi pemerintah, maka harus mundur dari kabinet kerja.

“Menurut saya juga harus ditradisikan di Indonesia ini,” katanya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, kemungkinan pergantian jabatan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan dilaksanakan dalam satu atau dua hari ke depan.

“Ya, nanti lihatlah. Kalau yang memastikan itu (pergantian), hanya Pak Presiden lah,” ujar Pratikno. (harun)

News Feed