oleh

2.469 Napi di Kalbar dapat Remisi

-Kalimantan-72 views

 

Pontianak, Radar Pagi – Pj Gubernur Kalbar Drs Dodi Riyadmadji, MM secara simbolis memberikan remisi umum HUT ke-73 Kemerdekaan RI kepada 2.469 para Nara Pidana (Napi) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kalbar.

“Remisi ini sebenarnya diberikan suatu bentuk rasa keadilan kepada orang yang telah menjalani hukuman dari negara melalui pemerintah selaku penyelenggara negara,” kata Dodi Riyadmadji di Lapas Pontianak, Jumat (17/8/2018).

Dikatakannya, memang dari perspektif/konsep pemberian remisi bagi napi adalah sebuah apresiasi Pemerintah kepada para Napi terhadap tingkah laku dari Napi yang berbuat baik selama 1 tahun menjalani hukuman.

“Konsep yang diterapkan Lembaga Pemasyarakatan/Kemenkumham adalah memberikan apresiasi kepada terpidana  yang sudah mencoba berbuat baik dan bertingkah laku yang baik,” jelasnya.

Dodi mengatakan selalu ada pemberian ampunan/remisi kepada para napi umum.  “Ini adalah konsep untuk memperbaiki tingkah laku atau memperbaiki sikap napi untuk terus berbuat kebaikan,” ujarnya.

Dikatakannya, tahun ini Presiden Joko Widodo memberikan remisi kepada 102.976 orang narapidana, dengan perincian narapidana yang mendapatkan pengurangan hukuman sebagian sebanyak 100.776 orang, dan narapidana yang Iangsung bebas karena mendapatkan remlsl sebanyak 2.200 orang. (david)

News Feed