oleh

Arief Sulistyanto Gantikan Ari Dono sebagai Kabareskrim

-Hukum-155 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menunjuk Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) yang baru. Arief menggantikan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto yang resmi diangkat sebagai Wakapolri pada Jumat (17/8/2018).

Sebelumnya, Ari Dono menjadi Wakapolri untuk menggantikan Komjen Pol Syafruddin yang sekarang menjabat MenPAN-RB. Sedangkan posisi Arief sebagai Asisten SDM Polri bakal digantikan Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Staf SDM Brigjen Eko Indra Heri.

Sebagai Kabareskrim, nantinya Arief akan naik jabatan sebagai Komisaris Jenderal atau setara bintang tiga. 

Arief lahir di Nganjuk, Jawa Timur, pada 24 Maret 1965. Dia lulus dari Akademi Kepolisian pada 1987.   

Pria berusia 53 tahun ini mengawali kariernya di Pamapta Polresta Surabaya Selatan, Polda Jawa Timur, pada 1987. Setahun kemudian, dia menjabat Kepala Unit Serse Poresta Surabaya Selatan. Pada 1989, dia menjadi Wakil Kepala Satuan Serse Polresta Surabaya.

Kariernya terus naik, dari Kepala Satuan Serse Polres Malang Polda Jatim pada 1990 hingga ditugaskan ke Polda Metro Jaya pada pertengahan ’90-an.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kabareskrim dari Ari Dono ke Arief dilakukan di Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/8/2018), sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolri Tito selaku Inspektur Upacara pun melakukan proses serah terima tongkat komando dan membacakan sumpah bagi keduanya.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku penjabat Kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD RI tahun 1945, dan NKRI. Bahwa saya, akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Indonesia serta akan senantiasa mengutamakan bangsa negara daripada kepentingan saya sendiri,” ujar Kapolri membacakan sumpah yang diikuti Komjen Ari Dono dan Irjen Arief. (mus)

News Feed