oleh

Jokowi Naik Moge, Ini Reaksi Banyak Tokoh

-Nasional-97 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Video berisi aksi Presiden Jokowi saat naik motor gede (moge) di pembukaan Asian Games 2018 menjadi sorotan banyak pihak, bahkan sampai ke Cina dan Korea Selatan. Beragam komentar pun muncul, dari yang sinis sampai memuji.

Kepala Divisi Humas dan Advokasi Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean memberi komentarnya terkait aksi Jokowi yang melibatkan stuntman atau pemeran pengganti yang kabarnya adalah putra Jokowi sendiri, Kaesang. Meski menurut Ferdinand, pemeran pengganti itu adalah stuntman profesional dari Thailand.

“Terlalu mbohongnya..!”cuit Ferdinand dalam akun Twitternya@LawanPolitikJKW,  Sabtu  (18/8/2018) kemarin malam.

Ferdinand kembali berkicau lewat akun yang sama pada Minggu (19/8/2018). “Memalukan, bukan keren..!” kicau Ferdinand.

Dia kemudian menjelaskan jika aksi Jokowi adalah palsu dan menggunakan peran pengganti.

@LawanPolitikJKW: “Palsu, pemeran pengganti bang. Stuntman.”

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, stuntman tersebut berasal dari Thailand. “Informasi yang kami dapat, pemeran pengganti dibayar dan disewa dari Thailand. Bahkan sudah beberapa kali menjuarai atraksi-atraksi motor seperti ini,” kata Ferdinand saat dihubungi wartawan, Minggu (19/8/2018).

“Dari potongan gambar yang kami teliti, ada beberapa perbedaan, terutama posisi lambang kepresidenan di dada presiden yang posisinya beda. Kedua, cincin pernikahan Pak Jokowi dengan pemeran pengganti. Memang itu dilakukan pemeran pengganti,” tutur Ferdinand.

Sementara mantan Juru bicara Presiden Abdurahman Wahid  dalam kicauannya di Twitternya@AdhieMassardi, Sabtu (18/8/2018) kemarin malam menilai seharusnya dalam video tersebut dicantumkan atau dijelaskan mengenai pemeran penggantinya.

“Karena ini menyangkut (nama) kepala negara, seharusnya ada keterangan ‘diperankan pemain pengganti’ (stuntman) agar tidak dianggap manipulatif,” ujarnya.

Penilaian berbeda diberikan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang sekarang maju sebagai cawapres, Sandiaga Uno. “Keren menurut saya keren banget. Dan kita terhibur. Kalau saya lihat kejutan dari angle kamera, kalau kita lihat mulainya macet terus naik motor terus ada juga menyerahkan anak pramuka nyebrang jalan jadi sangat relevan dan aktual,” ucapnya.

“Sangat entertaining sangat menghibur. menurut saya brilian dari panitia mengemasnya dengan sangat menarik,” sambungnya.

Begitu juga yang dikemukakan Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif. “Penampilan Pak Jokowi juga sangat keren banget,” katanya.

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional, Komjen Pol Mochamad Iriawan pun memuji penampilan Jokowi. “Saya rasa sangat bagus sekali, dan sangat menghibur, dan penampilan Pak Jokowi juga sangat luar biasa,” katanya.

Video Jokowi naik moge Yamaha FZ1 yang biasanya dipakai Paspampres juga menarik perhatian khalayak asing.Media di China dan Korea Selatan ikut memberitakan aksi Jokowi.

Salah satu media di Korea Selatan, Insight, menulis headline dengan judul yang sudah diterjemahkan yakni ‘Presiden Indonesia Datang Menggunakan Sepeda Motor dan Hadir di Pembukaan Asian Games’.

“Motor Joko Widodo menjadi perhatian dengan beragam aksi ekstrem yang memukau. Dia menggunakan helm hitam dan sempat berhenti ketika ada siswa sekolah yang menyeberang,” begitu salah satu isi dari artikel yang ditulis Insight, Sabtu (18/8/2018).

Media asal China, Xinhua, menyebut aksi ketika Jokowi sebagai aksi yang keren. “Keren! Presiden Indonesia Jokowi naik motor ke pembukaan spektakuler Asian Games 2018,” tulis Xinhua.

Video Presiden Jokowi naik sepeda motor merupakan satu di antara highlights pembukaan Asian Games 2018. Adegan itu bermula perjalanan dari Istana Negara Bogor menuju SUGBK.

Rombongan presiden terjebak macet karena banyaknya suporter Indonesia di jalan. Jokowi pun memutuskan untuk naik sepeda motor Paspampres menuju venue pembukaan.

Namun perjalanan Jokowi tidak mudah. Sepanjang perjalanan itu, dirinya harus melakukan jumping (melompat dengan sepeda motor), melewati jalanan sempit di gang Jakarta, serta membantu menyeberangkan siswa-siswi pramuka.

Sesampainya di SUGBK, Jokowi melambaikan tangannya dan suara riuh para penonton Asian Games 2018 segera memenuhi area stadion.

Jokowi pun langsung menaiki lift untuk menuju ke tribun dan disambut dengan meriah oleh penonton di SUGBK. (david)

News Feed