oleh

Sistem Kelistrikan di Lombok Berangsur Pulih

-Bali - NTB-587 views

 

Lombok, Radar Pagi – Sistem kelistrikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat berangsur pulih pasca gempa yang kembali terjadi pada Minggu malam (19/8) kemarin.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Rahardjo Abu Manan menjelaskan, pemulihan listrik di wilayah terdampak gempa langsung dilakukan sejak listrik padam. Sistem di Lombok mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).
 
Menurutnya, sistem jaringan PLTU rentan terhadap gempa lantaran dibangun secara terpisah. Hal itu juga berdampak pada pemulihan sistem kelistrikan yang memakan waktu selama delapan jam. Sementara, PLTD dibangun dalam satu kesatuan sehingga aman dari goncangan gempa serta hanya membutuhkan 30 menit untuk perbaikan.

“Kami bangun lagi, PLTU Jiranjang. Kami punya pembangkit 3×15 megawatt. Itu kan butuh waktu delapan jam, setelah dicek, bakar batubara lagi. Yang rentan itu PLTU, itu kan terpisah-pisah, boiler, turbin. Kalau PLTD aman. Jadi sistem di Mataram sudah pulih,” tuturnya kepada wartawan, Selasa (21/8).

Djoko melanjutkan, gempa terakhir membuat delapan gardu induk di Lombok langsung terdampak dan sempat berhenti mengalirkan listrik. Upaya perbaikan langsung dilakukan sehingga aliran listrik berangsur pulih.

“Delapan Gardu Induk 150 KV sudah masuk tapi pemulihan bertahap, sistem mulai recovery. Dampak di masyarakat yang kami lihat, satu pekan kemarin kami memberikan layanan ke masyarakat. Rumah di Tanjung kan runtuh semua kami amankan jaringan listriknya dulu,” jelasnya. [wah/rmol]

News Feed