oleh

Richard Muljadi Diancam Hukuman Penjara Paling Lama 12 Tahun

-Hukum-785 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Polisi telah menetapkan Richard Muljadi sebagai tersangka dan resmi menahannya di Polda Metro Jaya. Richard dijerat dengan UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Cucu konglomerat Kartika Muljadi itu terancam hukuman paling lama 4 tahun penjara.

Ancaman hukuman untuk Richard tercantum dalam Pasal 112 ayat 1 yang isinya sebagai berikut:

Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah).

Sedangkan Pasal 127 ayat 1a berbunyi sebagai berikut:

(1) Setiap penyalah guna: a. Narkotika Golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun.

Namun ancaman hukuman itu tentunya hanya terjadi bila pengacara Richard nantinya “tidak mampu” memberikan alibi Richard adalah korban narkoba. Sebagai korban, Richard hanya diganjar hukuman berupa rehabilitasi, seperti juga yang dialami sebagian besar pengguna narkoba dari kalangan kelas atas.

Saat ini, Richard masih menjalani penahanan sementara selama 20 hari ke depan. “Kita punya masa penahanan di kepolisian selama 20 hari. Kemudian kita akan bermohon ke kejaksaan untuk perpanjang di kejaksaan selama 40 hari,” ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan, Kamis (23/8/2018).

Richard alias RAM sebelumnya dicokok polisi saat asyik mengkonsumsi kokain di toilet restoran Pasific Place SCBD Jakarta Selatan, Rabu (22/8/2018).

Richard ditangkap oleh petugas bernama Kombes Pol Heri Heryawan yang saat itu sedang berada di restoran. Penangkapan bermula saat Heri hendak ke toilet dan melihat ada yang mencurigakan di salah satu ruang toilet.

Dari situ mantan Kapolresta Depok itu langsung mendesak masuk ke dalam ruang toilet dan memergoki Richard sedang mengkonsumsi kokain.

“Jadi Richard diamankan saat menggunakan kokain di toilet,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Saat Richard ditangkap, polisi menemukan sisa serbuk kokain di layar iPhone X hitam dan selembar uang kertas 5 dollar Singapura milik Richard.

Di hadapan penyidik, Richard mengaku mendapat kokain dari orang tak dikenal atas suruhan rekannya ML yang hingga kini masih dalam pengejaran polisi.

Narkoba tersebut diberikan kepada Richard sebagai hadiah karena akan menikah dalam waktu dekat ini. (rinaldi)

 

News Feed