oleh

KPK Belum Ungkap Status Tersangka Idrus Marham

-Hukum-213 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum mau mengungkapkan mantan Menteri Sosial Idrus Marham sebagai tersangka kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama pembangunan PLTU Riau-1.

“Tunggu nanti akan kita sampaikan secara resmi ya,” ujar Jurubicara KPK, Febri Diansyah di gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/8/2018).

Sejauh ini, Idrus sudah tiga kali diperiksa penyidik KPK terkait kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama pembangunan PLTU Riau-1.

Saat berita ini diturunkan, meski KPK secara resmi belum menetapkan status tersangka kepada Idrus Marham, namun Idrus Marham sendiri telah membenarkan pelabelan tersangka dirinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dalam surat yang terima bunyinya sudah naik ke penyidikan kasus itu khan pasti sudah tersangka, Kemarin sore kabar itu saya terima,” kata Idrus kepada wartawan di Istana Kepresidenan.

Lembaga anti rasuah menyebut Idrus terlibat dalam pembahasan proyek PLTU Riau-I. Keterlibatan Idrus teridentifikasi dari rekaman CCTV yang disita oleh penyidik KPK.

“Sebagian (rekaman CCTV) sudah kami dalami dalam pemeriksaan (Idrus) sebagai saksi” kata Jurubicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (2/8) malam.

CCTV yang disita penyidik KPK diantaranya dari rumah Direktur Utama PLN Sofyan Basir dan di kantor pusat PLN. Febri mengatakan penyidik KPK telah melihat isi rekaman CCTV terkait beberapa pertemuan dan pembahasan tentang PLTU Riau-I itu.

Selain Idrus, kabarnya ada dua menteri lain yang juga dtetapkan sebagai tersangka, yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (mus)

News Feed