oleh

Survei LSI: Pemilih Muslim Lebih Suka Jokowi-Ma’ruf Amin

-Nasional-594 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Hasil survei lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan pasangan Joko Widodo(Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul di pemilih Muslim ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Sejauh ini Jokowi-Ma’ruf, unggul di pemilih Muslim, termasuk juga di semua kategorinya, yaitu kategori asosiasi dengan ormas, kategori pandangan agama dan politik, kategori tipe negara ideal, kategori frekuensi praktik beribadah, dan kategori tokoh panutan,” jelas peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, Sabtu (25/8/2018).

Pemilih Muslim yang memilih Jokowi-Ma’ruf, lanjutnya, berasal dari tiga ormas Islam terbesar saat ini yakni NU, Muhammadiyah dan PA 212.

Rully mengatakan untuk kategori ini Jokowi-Ma’ruf unggul di segmen NU, Muhammadiyah, dan ormas lainnya. Sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di PA 212.

Survei itu dibagi berdasarkan beberapa kategori, di antaranya terkait frekuensi ibadah salat dan tokoh atau ustad yang banyak didengar.

Dari kotegori praktik ibadah salat terdapat tiga kategori besar yakni salat setidaknya sehari sekali dengan jumlah responden sebanyak 31.5 persen, salat hanya di momen tertentu dengan jumlah responden sebanyak 27.8 persen serta sisanya tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 40.7 persen responden.

Lebih lanjut, Rully memaparkan ada sedikitnya 57.9 persen suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf dari responden muslim yang melaksanakan salat setidaknya sekali dalam sehari, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi harus puas dengan suara sebanyak 27.4 persen dari pemilih kategori ini.

Sementara itu untuk pemilih yang melaksanakan salat hanya di momen tertentu berselisih cukup tipis yakni sebanyak 43.5 persen untuk pasangan Prabowo-Sandi sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat suara sebanyak 41.2 persen.

Untuk pemilih berkategori tidak tahu atau tidak mau jawab sebanyak 55.2 persen memilih Jokowi-Ma’ruf dan 21.5 persen memilih Prabowo-Sandi. (fajar)

News Feed