oleh

Replika Garuda dari 25 Ribu Bunga Sedap Malam Masuk Rekor MURI

-Jabodetabek-359 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Pembuatan replika Garuda dari 25 ribu bunga sedap malam di Pasar Bunga Rawa Belong berhasil masuk catatan Museum Rekor Indonesia (MURI). Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan pun memberikan apresiasi kepada para pembuat replika garuda tersebut.

“Kita apresiasi bahwa hari ini ada rekor MURI yang dipecahkan lebih dari 25 ribu bunga sedap malam membentuk replika Garuda di saat kita memperingati 73 tahun kemerdekaan,” ujar Anies saat menyaksikan penyerahan piagam penghargaan MURI di Pasar Bunga Rawa Belong, Kebon Jeruk, Rabu (29/8/2018).

Menurutnya, pemecahan rekor MURI ini menjadi bentuk prestasi tersendiri yang dibuat para pengrajin bunga Pasar bunga Rawa Belong untuk bangsa Indonesia. Dia berharap hal ini bisa menjadi inspirasi bagi pedagang untuk selalu membuat terobosan baru di masa depan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum MURI Jaya Suprana mengatakan, pembuatan replika Garuda tak hanya tercatat pada MURI, tapi bisa tercatat pada rekor dunia. Dirinya sangat bangga pada pedagang bunga Rawa Belong atas hasil yang dicapainya ini.

Ketua Koperasi Bersama Pasar Bunga (KBPB), Jajang, menjelaskan proses pembuatan replika Garuda membutuhkan waktu tiga hari dengan perincian dua hari untuk pembuatan rangka, dan satu hari untuk merangkai bunga. Semua rangkaian bunga itu dikerjakan sekitar 50 orang. Bahan bunganya didatangkan dari Surabaya dan Ambarawa.

Pembuatan replika Garuda ini dimaksudkan agar dapat menaikkan kembali pamor Pasar Bunga Rawa Belong di masyarakat. “Targetnya juga mau menaikkan grade-nya bunga sedap malam. Karena tahun-tahun kemarin sudah bunga lain, seperti mawar dan melati,” kata Jajang. (cecep)

News Feed