oleh

Ternyata Menteri Susi Juga Pernah Kuasai Microphone Pesawat

-Nasional-558 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Ramai beredar di media sosial cuplikan video yang memperlihatkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sedang berbicara dengan penumpang pesawat menggunakan alat Public Announcement (PA) atau microphone pesawat. Alat ini biasanya digunakan oleh kru seperti pramugari untuk memberi pengumuman kepada penumpang.

Dalam rekaman video yang katanya diambil pada bulan April 2018 itu, Menteri Susi disebutkan sedang berada di dalam pesawat Garuda dari Jakarta menuju Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan Kartini Flight. Karena itu, dia memakai kebaya hijau dengan hasan selendang merah.

Dengan menempelkan alat PA yang bentuknya mirip telepon rumah itu, Menteri Susi kemudian memberikan pengumuman kepada para penumpang pesawat. 

“Selamat pagi, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Susi Menteri Kelautan dan Perikanan, selamat datang di Garuda Kartini Flight Indonesia. Selamat memperingati Hari Kartini, Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, penuh inspirasi, mari bersama kita menebarkan semangat cinta karya untuk Republik Indonesia, Selamat Hari Kartini,” ujarnya.

Netizen pun dibuat ramai dengan beredarnya video ini, mengingat tidak ada sanksi apapun yang diberikan, baik kepada Menteri Susi maupun penerbang (pilot) dab kru pesawat. Berbeda dengan yang dialami pilot dan kru pesawat Lion Air yang membawa Neno Warisman dari Pekanbaru menuju Jakarta, beberapa hari lalu. Untuk yang terakhir ini sudah diberikan sanksi berupa pelarangan terbang.

“Lion Air sudah mengenakan sanksi kepada awak pesawat baik penerbang dan awak kabin yang memberikan izin penggunaan peralatan PA, berupa tidak boleh terbang atau grounded,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Pihak Lion Air, kata Danang, juga telah melaporkan kejadian ini ke Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, karena sesuai peraturan, peralatan yang ada di pesawat  hanya boleh dioperasikan oleh awak pesawat. (david)

.

 

News Feed