oleh

Pancing Turis Inggris ke Indonesia, Kemenpar Gelar Indonesia Weekend di London

-Ekonomi-137 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mentargetkan 39.000 pengunjung akan datang ke acara Indonesia Weekend di Potters Fields Park, dekat Tower Bridge, Kota London pada 8 s/d 9 September 2018 mendatang.

Festival budaya tahunan yang menjadi media promosi ‘Wonderful Indonesia’ itu akan menampilkan beragam budaya yang dimiliki Indonesia.

Indonesian Weekend kali ini menonjolkan tema warm destination yang ditampilkan dalam desain pesta pantai lengkap dengan 50 ton pasir putih.

Pasir itu akan menghiasi halaman pantai yang terbuat dari bambu dengan dekorasi perlengkapan wisata pantai seperti banana boat dan papan surfing.

Selain itu disajikan pula kuliner Indonesia hasil tangan dari Chef Degan, Juri Master Chef Indonesia dan sajian kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

Dipilihnya Inggris sebagai lokasi penyelenggaraan Indonesia Weekend dikarenakan wisatawan negeri tersebut sangat potensial untuk datang ke Indonesia. 

Tahun ini, diperkirakan jumlah wisatawan Inggris yang berwisata ke luar negeri sebanyak 40 juta orang. 

“Sedangkan yang datang ke Indonesia tahun lalu sekitar 384.000 wisman,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya, dalam rilisnya, Kamis (30/8/2018).

Untuk mempermudah kedatangan turis Inggris ke Indonesia, pihak Kemenpar menggandeng maskapai penerbangan untuk menyediakan paket wisata.

“Pada pameran sebelumnya, panitia menyebarkan kuesioner kepada pengunjung pameran untuk mengetahui tingkat ketertarikan mereka untuk datang ke Indonesia, dan hasilnya adalah 62 persen pengunjung pameran tertarik datang ke Indonesia,” kata Nia.

Sementara itu, Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Dino R Kusnadi menilai, Inggris memiliki karakter pasar yang unik.

Selain penting bagi pariwisata Indonesia, ujar dia, masyarakat di Inggris sudah mengenal masakan dari tanah Melayu. 

“Yang perlu kita lakukan adalah hadir dengan menampilkan otentiknya kita. Misalnya rendang, sudah ada rendang khas Malaysia. Maka kita berkesempatan menampilkan rendang khas Payakumbuh misalnya,” ujar Dino. (fajar)

 

 

 

 

 

News Feed