oleh

Presiden Namibia Tanam Pohon Ulin di Istana Bogor

-Jawa-425 views

 

Bogor, Radar Pagi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Namibia Hage Gottfried Geingob di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018) siang.

Pada kunjungan tersebut, Presiden Geingob mengenakan setelan jas hitam garis-garis dengan dasi kotak-kotak, sementara Presiden Jokowi memakai jas biru dengan dasi merah. Puluhan anak mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia terlihat ikut menyambut kedatangan Geingob.

Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan dan inspeksi pasukan. Dalam upacara tersebut, dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara diiringi 21 kali dentuman meriam.

Jokowi kemudian mengajak Geingob ke dalam Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor untuk melakukan sesi foto bersama dan menandatangani buku tamu. Setelah itu, Jokowi mengajak tamunya untuk menanam kayu ulin di halaman belakang Istana, yang dilanjutkan dengan berbincang-bincang di beranda belakang Istana (veranda talk).

Usai veranda talk, Jokowi dan Geingob memimpin delegasi negara masing-masing untuk melakukan pertemuan bilateral bersama.

Dalam pertemuan itu dibicarakan beberapa hal, antara lain Jokowi mengusulkan untuk penurunan tarif bagi produk-produk kedua negara, dan untuk itu Indonesia mengharapkan dukungan Namibia bagi dimulainya proses negosiasi pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) antara Indonesia dengan negara Southern African Customs Union (SACU).

“Saya juga mendorong kerjasama di bidang industri strategis, dan saya senang delegasi Namibia akan berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung besok,” ujar Jokowi, usai bertemu dengan Geingob.

Sementara di bidang maritim dan perikanan, Jokowi mengajak Namibia untuk bekerja sama di bidang perikanan, khususnya dalam upaya bersama memerangi illegal fishing. Kerja sama ini telah disepakati dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) terkait perikanan dan kelautan. (eka)

News Feed