oleh

Wiranto dan Tjahjo Kumolo Hadiri Rakor Camat di Minahasa Utara

-Sulawesi-42 views

 

Manado, Radar Pagi – Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menghadiri Rapat Koordinasi Camat Regional I di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (30/8/2018).

Rapat koordinasi camat dengan tema “Peran Strategis Camat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Wilayah Kecamatan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan” ini juga dihadiri para camat terbaik dari berbagai daerah, antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan dari Pulau Sulawesi sendiri.

Rencananya, pada minggu kedua bulan September, akan digelar Rakor Camat Regional II yang akan diadakan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dan Rakor Camat Regional III mewakili Kalimantan dan Sumatera yang akan diadakan di Kota Palembang,” katanya.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo berharap Rakor ini dapat membuat para camat makin paham akan peran dan posisinya yang memang strategis dan mampu menyelenggarakan pemerintahan di kecamatan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018.

Kata Tjahjo, walaupun camat adalah perangkat SKPD tapi ada peran khusus yang melekat dalam fungsi dan perannya, yakni sebagai koordinator dalam membangun stabilitas. “Ini yang harus ditingkatkan. Perlu kami laporkan juga rakor ini diikuti oleh 500 orang camat mewakili regional I,” katanya.

Mencermati gelagat, perkembangan dan dinamika sangat penting. Apalagi, tahun depan ada agenda besar yakni mengawal tahap konsolidasi demokrasi lewat pemilu serentak 2019.

“Ingat camat itu tegak lurus mulai presiden sampai kepala desa, kepala kelurahan tegak lurus. Sama seperti Panglima TNI tegak lurus sampai Panglima Kodam sampai komandan Kodim, Babinsa dan tiga matranya Kepolisian juga sama. BIN juga sama kejaksana juga sama. Jadi jangan khawatir dan hukumnya wajib setiap camat harus menyampaikan kepada masyarakat keberhasilan pemerintahan ini,” tuturnya. (mas)

News Feed