oleh

Selama Asian Games, 1.964 Wisman Kunjungi Kepulauan Seribu

-Jabodetabek-148 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Sejak perhelatan Asian Games dimulai 18 Agustus lalu, tercatat 1.964 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Kepulauan Seribu.

“Selama Asian Games mulai 18-28 Agustus ada 17.865 wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu,” ujar Cucu Ahmad Kurnia, Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, beberapa saat lalu.

Ia merinci, sebanyak 17.865 wisatawan tersebut terdiri dari 15.901 wisatawan nusantara dan 1.964 wisatawan mancanegara. Wisatawan tersebut berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu melalui dermaga Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir, Rawasaban dan Sunda Kelapa.

“Umumnya wisatawan berkunjung ke Pulau Tidung dan Pramuka,” katanya.

Sedangkan resort favorit yang paling banyak dikunjungi wisman adalah Pulau Putri, Sepa dan Macan,” tandasnya.

Cara Menuju Kepulauan Seribu

Untuk menuju ke masing-masing pulau wisata di Kepulauan Seribu, terdapat 4 opsi, yaitu dengan kapal tradisional (kapal kayu), kapal PELNI, kapal feri, dan kapal cepat (KM. Kerapu atau speedboat).

Jika Anda memilih untuk naik kapal tradisional atau KM. Kerapu atau kapal feri, Anda harus menuju Pelabuhan Kaliadem yang terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke.

Namun jika Anda ingin naik speedboat, maka Anda harus naik dari Dermaga Marina, Ancol. Untuk naik kapal PELNI, Anda harus naik dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Berikut 3 titik keberangkatan yang paling banyak digunakan wisatawan:

1. Muara Angke

Menggunakan kapal kayu yang berangkat pukul 07.00 WIB. Rute kapal adalah Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Panggang dan Pulau Pari. Tarif Rp 30.000 per Orang.

2. Pelabuhan Kali Adem

Menggunakan KM Lumba-lumba dan Kerapu. Lintasan KM Lumba-lumba mulai dari Muara Angke, Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung. Lintasan kedua adalah Muara Angke, Pulau Untung Jawa dan Pulau Tidung.
Kerapu.

Berbeda dengan Lumba-lumba yang hanya tersedia pukul 07.00 WIB, Kerapu tersedia dalam dua waktu, yaitu pukul 07.00 dan 13.00 WIB.

3. Dermaga Marina Ancol, Dermaga 17.B

Wisatawan bisa naik kapal ini pada pukul 11.00 WIB dan kembali menuju Ancol pada pukul 18.00 WIB. Namun, untuk bisa naik Anda harus booking H-3 sebelum keberangkatan.

Waktu tempuh ke Pulau Bidadari sekitar 30 menit saja. Harga sewa berkisar Rp 1,4-12 juta/kapal tergantung tujuan.

Harga sewa penginapan di Kepulauan Seribu, mulai dari Rp 350.000-Rp 700.000 per malam. (eka)

 

 

News Feed