oleh

Jakbar Dua Hari Kemarin: Warga Antri Air Bersih dan Pemkot Bersih-bersih Ruko yang Pernah Dikuasai Preman

-Jabodetabek-318 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Puluhan petugas gabungan tiga pilar wilayah Cengkareng melaksanakan bersih-bersih di Kompleks Ruko Seribu RW 08 Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Jumat (31/8/2018). Fokus kegiatan adalah membersihkan saluran air dan sampah.

Kegiatan Jumat bersih yang dilakukan puluhan petugas gabungan tiga pilar aparat ini dipimpin langsung Camat Cengkareng, Masud Efendi. Mereka membersihkan areal  kompleks Ruko Seribu RW 08 Cengkareng Barat.

Menurut Camat Cengkareng, Masud Efendi, kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Jumat pagi. Para petugas membersihkan sampah serta saluran air yang tersumbat sampah. 

Kegiatan ini melibatkan unsur tiga pilar, pemerintah, TNI dan Polri serta sejumlah truk sampah. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan warga RW 08 Cengkareng.

“Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama. Masyarakat juga dilibatkan. Kami ingin mereka peduli dengan lingkungan yang bersih aman dan asri,” tambahnya.

Nama Ruko Seribu sebelumnya mencuat setelah polisi menangkap 7 preman berkedok security yang selama bertahun-tahun memeras para pemilik ruko di sana hingga ratusan juta rupiah.

Penangkapan bermula dari akun video yang viral setelah dibagikan oleh akun facebook Rendi Puguh Gumilang, Minggu (26/8/2018), Dia mengunggah tiga video yang menampilkan para preman memeras pemilik ruko di Komplek Ruko Seribu, Cengkareng.

Dalam salah satu video ditampilkan juga seorang anggota polisi yang menyamar menjadi warga biasa pun dianiaya oleh preman-preman itu. Video tersebut telah disebar 14.000 kali.

Namun penangkapan dilakukan  bukan berdasarkan  rekaman video, melainkan laporan salah satu pemilik yang baru membeli ruko di sana. Saat hendak membangun jembatan di depan ruko, dia didatangi security dan diharuskan membayar uang senilai Rp 16 juga hingga Rp 20 juta. Berbeda dengan para pemilik ruko sebelumnya yang tidak berani melaporkan aksi para preman itu, pemilik ruko yang satu ini ternyata memiliki nyali untuk melapor ke polisi.

PAMD Suplai Air Bersih

Di tempat dan waktu yang berbeda, Perusahaan air minum daerah mengirimkan 4 tangki air bersih untuk warga RW 02, Pegadungan, Kalideres, Sabtu (1/9/2018) pagi. Suplai air bersih itu diberikan untuk warga yang mengalami kesulitan air bersih. 

Asisten Kesejahteraan Rakyat, Yunus Burhan mengatakan, warga RW 02 Pegadungan, Kalideres, selama ini telah mengusulkan kepada perusahaan air minum daerah untuk mensuplai air bersih. 

Namun usulan warga belum terealisasi. Air bersih yang diidam-idamkan warga belum tersalurkan. Sementara kualitas air tanah di wilayah tersebut tidak layak untuk diminum. 

“Mereka sudah mengusulkan 6 bulan lalu. Tapi, kenapa belum ada. Nanti kami bawa permasalahan ini untuk dibahas di tingkat kota, sekaligus mengundang pihak perusahaan air minum daerah,” tuturnya. 

Hal senada diungkap Plt Camat Kalideres, Endang P. Handayani. Ia menyebutkan bahwa warga sering melakukan aktivitas mencuci pakaian di kali Maja. Itu dilakukan mengingat mereka sulit mencari air bersih. Sementara air sumur warga tidak bisa digunakan untuk memasak air minum lantaran airnya keruh, bau dan bisa merusak pakaian. 

Terkait operasi air bersih, Endang menyebutkan bahwa perusahaan air minum daerah telah mensuplai sekitar 4 tangki air bersih untuk warga RW 02, Pegadungan. “Hari ini ada 4 tangki air yang dikirim ke warga RW 02 Pegadungan. Satu tangki air berisi kurang lebih 4.000 liter,” ujarnya. 

Suplai air bersih dari perusahaan air minum itu dimanfaatkan warga. Sambil membawa ember dan jerigen, mereka rela antri untuk mendapatkan air bersih. (joko/mustika)

  

 

 

 

  

News Feed