oleh

Pertamina Siap Salurkan BBM B20  

-Ekonomi-457 views

 

Jakarta, Radar Pagi – PT Pertamina (Persero) siap menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) B20. Dari 112 terminal BBM, saat ini sudah 60 terminal BBM yang mendistribusikan B20.

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke WidyawatiDirektur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan pendistribusian tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna bahan bakat biodisel.

“Kami sudah siap dan seluruh fasilitas Pertamina sudah siap 100 persen untuk mencampur dan menyalurkan biodiesel sebagai implementasi kebijakan mandatori B20,” kata Nicke di Jakarta, beberapa saat lalu.

Nicke yang baru beberapa hari menjabat sebagai Dirut PT Pertamina menjelaskan, 52 terminal lainnya belum dapat mendistribusikan BBM B20 karena belum ada pasokan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dari Badan Usaha yang memproduksi Bahan Bakar Nabati (BBN).

Jika seluruh terminal sudah menerima nabati potensi penambahan penyaluran B20, Nicke berharap Pertamina dapat mempercepat bauran energi nasional.

“Bila seluruh fasilitas BBM ini telah menerima pasokan FAME, maka potensi penambahan penyaluran B20 akan dapat dilaksanakan secara optimal. Sehingga Pertamina juga akan berkontribusi untuk mempercepat pelaksanaan peta jalan bauran energi nasional,” katanya.

Pemerintah padaJumat, 31 Agustus 2018 silam, secara resmi meluncurkan perluasan penerapan bahan bakar campuran solar dengan minyak kelapa sawit 20 persen atau yang dikenal dengan Biodiesel 20 (B20).

B20 wajib digunakan untuk kendaraan yang mendapatkan subsidi Public Service Obligation (PSO) maupun non-PSO. Dengan begitu, setiap SPBU yang ada nantinya harus menyalurkan B20.

Seluruh Badan Usaha Bahan Bakar Minyak (BU BBM) yang berjumlah 11 perusahaan dikabarkan telah menandatangani komitmen perluasan biodiesel 20% (B20).

“Sudah teken kontrak semuanya,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengonfirmasi hal tersebut dalam acara Peluncuran Mandatori B-20. (harun)

  

News Feed