oleh

Jokowi Pimpin Apel Siaga NTB Bangun Kembali, Ribuan Rumah Dibangun untuk Korban Gempa

-Bali - NTB-566 views

 

Lombok, Radar Pagi – Presiden Jokowi memimpin 2.250 relawan dari berbagai unsur dalam Apel Siaga NTB Bangun Kembali, Senin (3/9/2018).

Dalam Apel Siaga yang digelar di Lapangan Bola Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat itu, Jokowi menjelaskan saat ini NTB sudah mulai masuk ke tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi kembali pasca gempa.

Tahapan pertama yang ingin dikerjakan adalah yang berkaitan dengan fasilitas publik seperti pasar, puskesmas, sekolah, serta masjid dan musala.

“Kemarin saya melihat beberapa sudah mulai dikerjakan yang dikomandani oleh Kementerian PU,” kata Jokowi.

Sejauh ini pemilik 5.293 rumah yang mengalami kerusakan rinan hingga berat telah mendapatkan bantuan untuk rekonstruksi. Jumlah ruimah rusak sebenarnya di atas jumlah itu, namun karena perlu diverifikasi terlebih dulu, maka belum semua rumah rusak dapat diberi bantuan untuk diperbaiki.

“Semuanya memang perlu dilihat di lapangan, diverifikasi. Untuk dipastikan bahwa memang bantuan itu harus diberikan memerlukan waktu. Oleh sebab itu kemarin baru 5.293 (rumah),” kata Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar rumah yang dibangun nantinya merupakan rumah yang tahan gempa, karena masuk dalam wilayah ring of fire (cincin api) yang rawan gempa.

“Yang kita tahu tahun 1979 di sini pernah terjadi gempa besar juga,” katanya.

Dalam pembangunan rumah kembali masyarakat akan didampingi dan dikawal oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dibantu oleh insinyur-insinyur muda dan mahasiswa-mahasiswa teknik. (made)

  

  

 

 

 

News Feed