oleh

Sempat Ricuh, Haji Lulung Pimpin Bamus Betawi

 

Jakarta, Radar Pagi –  Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana (Haji Lulung) resmi terpilih sebagai Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi periode 2018-2023.

Terpilihnya Lulung setelah  79 ormas Betawi membulatkan dukungannya dalam Musyawarah Besar (Mubes) VII Bamus Betawi yang digelar di Twin Plaza Hotel, Jakarta, 1-2 September.

Lulung diharapkan mampu meningkatkan gerak langkah dan kesejahteraan ormas pendukung Bamus, serta membawa perubahan konsep kinerja Bamus yang lebih baik.

“Kita ini tidak bisa lagi maju dengan kekuatan sendiri-sendiri. Sudah saatnya seluruh ormas Betawi maju bersama mengangkat harkat martabat Betawi. Sehingga tidak menjadi nomor dua atau tiga di kotanya, tetapi menjadi nomor satu di Jakarta dan tuan rumah bagi budaya lain di ibu kota,” ujar Pimpinan sidang Mubes VII Bamus Betawi Syarief Hidayatulloh.

Namun Mubes yang dibuka oleh Gubernur Anies Baswedan pada Sabtu (1/9/2018) dan mulai melakukan sidang-sidang Komisi pada Minggu (2/9/2018) itu sempat diwarmai sedikit kericuhan karena panasnya perbedaan pendapat perihal tata cara pemilihan Ketua Umum dan kedudukan Majelis Tinggi.

Perbedaan dipicu oleh pihak yang menginginkan pemilihan Ketua Umum dilakukan secara langsung oleh peserta (one delegation one vote) dan pihak yang ingin Komisi memilih dulu anggota Majelis Tinggi (Majelis Adat), baru setelah itu Majelis Adat memilih Ketua Umum.

Lantaran panasnya perdebatan, dua ormas besar yaitu FBR dan Forkabi dikabarkan melakukan aksi walk out karena tidak setuju Ketua Umum Bamus dipilih secara langsung oleh peserta. Sebab AD/ART tahun 2013 mengamanatkan Ketua Umum dipilih oleh Majelis Tinggi (Majelis Adat).  

Karena itu, terpilihnya Lulung sebagai Ketua Umum Bamus Betawi dinilai cacat hukum sebab merupakan klaim sepihak yang tidak melibatkan sebagian ormas yang tidak setuju Ketua Umum dilakukan secara langsung.

“Adanya keputusan melemahkan fungsi Majelis Tinggi menyebabkan Mubes Bamus Betawi saya nyatakan cacat hukum,” ujar pimpinan ormas Ikatan Keluarga Betawi (IKABA) yang dipimpin Junaidi, ST, MPd.

Saat berita ini diturunkan, kubu yang menolak H. Lulung sebagai Ketua Umum baru Bamus sedang menggelar konferensi pers di kawasan Ancol, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (harun)

 

News Feed