oleh

2.357 PNS Terbukti Korupsi Akan Dipecat

-Hukum-94 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Mentalitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia masih perlu dibenahi. Selain sebagian oknum PNS kerap bermuka masam saat sedang melayani keperluan warga, banyak di antaranya masih gemar ‘mencuri’.

Sebanyak 2.674 PNS terbukti melakukan tindak pidana korupsi, namun baru 317 PNS yang dipecat. Sementara, 2.357 PNS korup lainnya masih aktif bekerja. 

“Data ini masih akan terus berkembang sesuai dengan verifikasi dan validasi lanjutan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Bima mengatakan, pihaknya akan berkordinasi dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM untuk memblokir data PNS (yang terbukti korupsi) pada data kepegawaian nasional, sesuai Pasal 49 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN serta PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Tujuannya guna meminimalisir potensi kerugian keuangan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK Agus Rahardjo siap mendukung langkah BKN untuk melakukan pemblokiran data PNS korup tersebut. “Jadi kepada pejabat itu bisa dikenakan sanksi yang sama, yang dikenakan kepada pejabat yang mestinya diberhentikan dengan tidak hormat,” katanya.

Selanjutnya KPK akan memerintahkan jaksa penuntut umum untuk berkoordinasi dengan instansi bersangkutan guna menindaklanjuti upaya pemblokiran data tersebut.

“Apa yang tercantum dalam amar putusan itu harus dilaksanakan. Ada yang tidak tercantum, dipecat itu tidak tercantum (dalam amar putusan). Diberhentikan tidak hormat itu tidak tercantum. Tapi di undang-undang yang lain kan ngomong, orang yang seperti ini harus diberhentikan dengan tidak hormat,” katanya. (david)

News Feed