oleh

Wiranto Minta MA Percepat Penyelesaian Perkara PKPU

-Nasional-362 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta Mahkamah Agung (MA) untuk memprioritaskan percepatan keputusan perkara Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 20/2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif.

KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), serta pemerintah sepakat untuk meminta agar tahapan pemilu tidak terhambat.

“Sudah ada kesepakatan dari perbincangan yang cukup panjang tadi, pada akhirnya semua pihak akan meminta kepada MA untuk melakukan percepatan keputusan, apakah keputusan KPU pada PKPU itu ditolak atau dibenarkan,” ujar Wiranto di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Dengan meminta MA untuk memprioritaskan masalah ini, Wiranto yakin KPU dapat diberikan kesempatan untuk menyelesaikan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Di mana KPU memang harus sudah melakukan penetapan DCT tersebut pada 20 September mendatang.

Menurut Wiranto, kunci dari permasalahan yang kini tengah berkembang di masyarakat adalah keputusan MA tersebut. “Kuncinya tatkala MA telah memutuskan PKPU itu dibenarkan atau ditolak. Finalisasi di situ, langkah-langkah KPU maupun Bawaslu akan bertumpu pada keputusan itu,” tutur Wiranto.

Wiranto tidak mau mempersoalkan keputusan-keputusan KPU dan Bawaslu yang ternyata bertentangan. Karena itu, dia tidak menyatakan mana yang salah dan mana yang benar, melainkan berusaha menyatukan pendapat yang berbeda ke dalam satu visi.

“Di mana semangatnya sama sebenarnya, kita semua memang antikorupsi dan jangan samai nanti para pejabat ke depan nanti sarat dengan orang-orang yang pernah cacat akibat tindak pidana korupsi itu,” terangnya. (arman)

News Feed