oleh

Gus Kikin Sambut Kedatangan Prabowo ke Ponpes Tebu Ireng

-Jawa-55 views

 

Jombang, Radar Pagi – KH Abdul Hakim Mahfud (Gus Kikin), pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, menyambut kedatangan bakal calon presiden Prabowo Subianto, Kamis (6/9/2018) pagi. 

Prabowo dan Gus Kikin pun berpelukan dengan hangat. “Selamat datang ke Tebuireng Pak Prabowo,” ujar Gus Kikin sambil mempersilahkan Prabowo masuk ke dalam Ponpes. 

Di dalam salah satu ruangan Ponpes, Prabowo kemudian melakukan pembicaraan tertutup bersama Gus Kikin. Beberapa kader Gerindra dan pengurus Ponpes Tebu Ireng turut hadir menemani pembicaraan tersebut. 

Setelah berbincang dengan Gus Kikin, rencananya rombongan Prabowo akan berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari, juga ke makam KH Wachid Hasyim dan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur). Setelah itu menuju ke kawasan Tambakberas untuk berziarah ke makam KH. Abdul Wahab Hasbulloh. 

Dari Jombang, Prabowo bersama rombongan dijadwalkan menuju Pulau Bangkalan, Madura, untuk berziarah ke Makam KH Syaikhona Kholil.

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menyarankan agar Prabowo Subianto mengajak tokoh kultural NU di Jawa Timur untuk mengimbangi pasangan Joko Widodo-Maruf Amin di Pemilihan Presiden 2019 yang lebih dulu berkeliling ke beberapa pesantren di Jawa Timur.
 
“Jika Pak Kiai Maruf lebih banyak memanfaatkan struktur untuk meraih dukungan pemilih Nahdliyin Jatim, maka Prabowo akan lebih prospektif jika memanfaatkan tokoh kultural sebagai antitesis gerakan yang dilakukan  kiai Maruf,” katanya, di Surabaya, Rabu (5/9/2018) kemarin.

Prabowo, kata Surokim, harus bisa memanfaatkan dukungan arus bawah dan para tokoh di luar struktural NU, sebab tokoh kultural NU lebih banyak didengar pemilih rasional terutama yang saat ini masih menjadi swing voters. (gunawan)

News Feed