oleh

Australia Bebaskan Bea Masuk 7.000 Produk Asal Indonesia

-Ekonomi-405 views

 

Jakarta, Radar Pagi –  Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo mengatakan, Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) atau Perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia, berhasil membebaskan bea masuk sekitar 7.000 pos tarif berbagai produk asal Indonesia yang diekspor ke Australia.

Pada saat bersamaan, tidak semua barang yang berasal dari Australia dibebaskan bea masuknya oleh Indonesia.

“Ada 7.000 pos tarif produk asal Indonesia yang semuanya menjadi nol pada saat implementasi,” kata di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Beberapa produk Indonesia yang dinilai berpotensi untuk ditingkatkan ekspornya ke Australia antara lain produk otomotif  berupa mobil listrik dan hybrid, lalu produk tekstil dan produk tekstil (TPT), produk herbisida dan pestisida.

Selain itu produk elektronik, permesinan, karet dan turunannya, kayu dan turunannya, kopi, cokelat, dan kertas asal Indonesia juga dihapuskan bea masuknya.

Melalui IA-CEPA, ke depannya diharapkan kedua negara dapat berkontribusi lebih besar pada rantai pasok global untuk memasok kebutuhan global. (mus)

 

News Feed