oleh

KPK Minta Mensos Kawal Dana Bansos

-Hukum-127 views

 

Jakarta, Radar Pagi РWakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Pandjaitan, meminta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengawal dana bantuan sosial (bansos) agar sampai ke pihak yang tepat.  

“Bansos sekarang peningkatannya Rp 54 triliun untuk 2019. Kita harap dana ini benar-benar bisa dikawal, bisa sampai dengan orang penerima manfaat yang benar-benar sesuai dengan catatan yang sudah ada,” kata Basaria di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

KPK, kata Basaria, siap membantu Kementerian Sosial dalam mengelola anggaran tersebut.

“Deputi pencegahan dan deputi penindakan sudah siap membantu soal NIK,” ujarnya.

Sementara itu, Mensos RI Agus Gumiwang mengaku akan perhatikan catatan-catatan yang diberikan oleh KPK dalam courtesy call tersebut. Ia menyampaikan memang ada peningkatan alokasi anggaran untuk Bansos sebesar 35 persen di tahun depan.

“Rp54 Triliun. Dari Rp34 T naik Rp54 T. Alhamdulilah tadi kami sudah mencatat banyak sekali harapan dan masukan-masukan dari pimpinan KPK yang pada dasarnya tujuan kami ini mengelola kementerian sosial dalam konteks good governence. Tadi banyak diberikan masukan mengenai pengelolaan data yang lebih baik, yang lebih akurat,” paparnya. (harun)

News Feed