oleh

Penerapan Jam Belajar Bisa Bantu Cegah Remaja Terjerumus Narkoba

-Jabodetabek-659 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Peran orangtua dan tokoh agama diperlukan dalam upaya mencegah peredaran narkoba di Jakarta Barat. Salah satu upaya pencegahannya bisa dilakukan dengan pemberlakuan Jam Belajar Masyarakat (JBM). 

“Wali Kota Jakarta Barat berpesan, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan jam belajar malam. Anak-anak tidak lagi berkeliaran pada JBM,” ujar Ketua TP PKK Jakbar, Hj. Inad Luciawaty Rustam, dalam seminar Sosialisasi Bahaya Narkoba dan LGBT dari Psikologi dan Agama di ruang Wijayakusuma, kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (6/9) pagi. 

Diungkapkan dalam seminar yang diprakarsai oleh Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI DKI Jakarta ini, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Efendi telah meminta masyarakat menerapkan budaya jam belajar malam di setiap wiayah.

JBM dimulai pukul 18.00-21.00. Rentang waktu itu, anak-anak diwajibkan belajar di rumah. Tidak ada yang bermain atau keluyuran di luar rumah. Agar berjalan dengan baik, ada petugas JBM yang memonitor anak-anak. 

“Semua warnet, playstation, tutup. Petugas JBM juga akan mengawasi dan menegur anak-anak yang bermain di luar rumah. Kegiatan ini, setidaknya mampu mengurangi pencegahan narkoba di wilayah,” ujar Hj. Inad Luciawaty Rustam. 

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Barat HM Zen yang membuka kegiatan ini juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam upaya melakukan pencegahan peredaran narkoba. Ia memberikan contoh kasus, seorang anak yang ketergantungan dengan narkoba. 

“Ada orang tua yang mudik ke kampung halamannya di Aceh. Mereka meninggalkan seorang anak yang diketahui terkena narkoba. Sepeninggalan orang tua, anak itu menjual semua barang yang ada di rumah. Uangnya dibelikan narkoba. Hanya tersisa tempat tidur dan lemari yang tidak dijual,” katanya. 

Tak hanya bahaya narkoba, LGBT pun sama. Sehingga dibutuhkan upaya pencegahan di era milenial. “Perkembangan teknologi gadget tak bisa lagi dibendung. Orang tua sangat berperan untuk pencegahan hal-hal yang negatif di era milenial,” tandasnya. (jar)

 

 

News Feed