oleh

Mau Tahu Pemprov dan Instansi Mana Saja yang Paling Korup? Simak Daftarnya!

-Jabodetabek-118 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN), I Nyoman Arsa, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi pemerintah tingkat provinsi yang terbanyak mempekerjakan PNS berstatus terpidana kasus korupsi, yaitu 52 orang.

Di urutan kedua, Pemprov Sumatera Utara mempekerjakan 33 PNS berstatus terpidana korupsi. Lalu Lampung menempati urutan ketiga dengan 26 PNS.

Bila dilihat dari tingkat kabupaten/kota, Provinsi Sumatera Utara menjadi yang terbanyak dengan 265 PNS, disusul Riau dengan 180 PNS.

“Di tingkat instansi pusat, Kementerian Perhubungan tercatat mempekerjakan PNS berstatus terpidana tipikor inckracht, sebanyak 16 orang,” ujar I Nyoman dalam keterangan persnya, Jumat (14/9/2018).

Kementerian Agama yang pernah dikabarkan sebagai kementerian paling korup, kini menempati urutan kedua dengan 14 PNS menjadi tersangka, disusul Kementerian PUPR dan Kemenristekdikti dengan masing-masing 9 PNS.

Selanjutnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN ada 8 PNS, Kementerian Keuangan 6 PNS, dan Kementerian Hukum dan HAM 5 PNS.

Mahkamah Agung menyumbang 5 PNS-nya sebagai tersangka kasus korupsi, lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika tak mau kalah dengan mencatatkan 4 PNS, disusul Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertahanan, dan Setjen KPU dengan masing-masing 3 PNS. Di urutan bawah ada Kemdikbud dengan 2 PNS, dan instansi paling sedikit PNS korupnya ditempati oleh Kemenaker, Kementerian Desa PDTT, Kemenkes, Kemenperin, Kemenpora, BNN, BPKP, dan BPS, dengan masing-masing 1 PNS saja yang menjadi tersangka korupsi. (jar)

News Feed