oleh

TNI AL Cegat Kapal Cepat Pembawa Sabu 67,4 Kg

-Sumatera-73 views

 

Belawan, Radar Pagi – Sebuah usaha penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 67,4286 kg yang dibawa kapal cepat di alur Kuala Peunaga Lama, Aceh Tamiang, pekan kemarin, berhasil digagalkan Patroli Komando Armada I Lanal Lhokseumawe.

Dalam rilis yang diterima redaksi, Minggu (16/9/2018), pencegatan terhadap kapal cepat pembawa sabu berawal dari informasi para nelayan dan masyarakat pengguna tranportasi laut terkait jalur-jalur tikus di sepanjang perairan perbatasan Indonesia-Malaysia yang dapat dimanfaatkan para penyelundup untuk memasukkan narkoba ke Indonesia.

Menurut Panglima Koarmabar 1 Laksamana Muda TNI Yudo Margono, pada Selasa (11/9/ 2018) didapat informasi dari Tim Intelijen Lantamal I yang bekerja sama dengan Unit Intel Lanal Lhokseumawe bahwa akan masuk sebuah speed dari Penang ke daerah Seruwei yang membawa narkoba jenis sabu.

“Selanjutnya Kamis (13/9/ 2018 ) sekira pukul 06.15 WIB, dua orang personel Posal Seruwei dengan menggunakan perahu melaksanakan pengintaian. Tepat pukul 06.45 Tim Patroli Posal Seruwei menemukan speed boat yang di curigai di daerah alur Kuala Peunaga Lama pada koordinat 04° 43’ 99’’ LU – 098° 24’ 83’’ BT. Selanjutnya diadakan penghentian pemeriksaan dan penangkapan,” ujar Yudo Margono.

Lanjut Yudo, pada saat dihentikan speed boat tersebut berusaha melarikan diri dan oleh tim Patroli dikandaskan, speedboat berhenti di tepi alur dan dua orang yang membawa speedboat tersebut melompat ke darat dan melarikan diri ke hutan saat sedang dalam pengejaran tim Intelijen.

“Selanjutnya speedboat beserta barang bukti berupa 2 buah tas besar yang ada di dalam speed boat ditarik dan diamankan ke Lantamal 1 guna proses lebih lanjut,” katanya.

Seluruh barang bukti narkotika selanjutnya diserahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat. Sementara, kapal speedboat yang menjadi barang bukti ditahan di pangkalan utama TNI AL di Belawan. (idris)

 

News Feed