oleh

Anies Pimpin Peringatan Hari Rapat Ikada di Silang Monas

-Jabodetabek-481 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Hari Rapat Raksasa Ikada ke-73 Tahun diperingati di sisi selatan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan tersebut.

Dalam pidatonya, Anies bercerita tentang rapat raksasa yang digelar sebulan usai proklamasi kemerdekaan di tahun 1945, ketika 250 ribu penduduk yang mayoritas berasal dari Jakarta datang dan berkumpul di lapangan Ikada.

“Peristiwa itu memiliki dampak yang luar biasa karena proklamasi yang pada pendeklarasiannya dihadiri hanya oleh beberapa ratus orang sering dianggap sebagai keputusan kaum elite, bukan dianggap sebagai sikap seluruh rakyat,” ujar Anies.
Padahal, kata Anies, mereka yang berkumpul di Lapangan Ikada berasal dari kampung-kampung di Jakarta dan sebagian besar masih buta huruf.  

Karena itu, menurut Anies, peristiwa tersebut perlu diperingati karena ada sebuah pesan soliditas yang tercipta antara pemimpin, yaitu deretan kaum pengambil keputusan, dengan rakyat biasa.

Bercermin dari pertemuan antara pemimpin bangsa dengan rakyat jelata yang terjadi di Lapangan Ikada, Anies mengajak agar para pemimpin di Pemprov DKI untuk selalu bekerja tanpa membeda-bedakan strata sosial masyarakat. (agus)

 

  

 

 

 

 

 

 

 

News Feed