oleh

Pemkab Kota Baru Berlakukan Siaga Darurat Karhutla

-Kalimantan-195 views

 

Kota Baru, Radar Pagi – Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan memberlakukan status siaga darurat penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Penetapan status siaga darurat bencana asap akibat karhutla di Kabupaten Kotabaru berlaku sampai dengan 30 November 2018. Status siaga darurat itu ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati.

“Kita membuat SK Bupati dengan pertimbangan data yang dikeluarkan BMKG untuk wilayah Kotabaru,” ujar Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotabaru, Rusian Ahmadi Jaya, di Kotabaru, Selasa (18/9/2018), dikutip dari Antara.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BKMG, wilayah Kalsel saat ini memasuki puncak musim kemarau. Diperkirakan kemarau akan berakhir pada awal Oktober atau awal November 2018.

Seiring tibanya puncak musim kemarau, dalam beberapa waktu terakhir potensi kebakaran hutan dan lahan terus meningkat sehingga berpeluang terjadi bencana asap.

Status siaga darurat pun akhirnya ditetapkan karena upaya penanganan bencana asap secara cepat, tepat, dan terpadu sesuai standar dan prosedur pada masa tanggap darurat perlu dilakukan.

Hal ini dalam rangka mengantisipasi bencana asap yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Setelah penetapan status siaga darurat ini, BPBD Kotabaru selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya mengenai langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk penanganan karhutla serta peluang bencana asap yang mengikutinya.

“Kita rapat koordinasi dulu apa nanti saran dan tindakan pengambil kebijakan terkait status kita sekarang siaga karhutla. Kami berharap adanya satu kesatuan laporan penanganan kahutla saat ini,” kata Rusian. (jar/ant)

News Feed