oleh

Gunakan Busi yang Dibasahi Iler, Dede Idol Belajar Cara Jadi Maling dari Youtube

-Hukum-1.056 views

 

Tangerang, Radar Pagi – Hanya perlu waktu 1 menit bagi  Dede Richo Ramalinggam (29) alias Dede Idol untuk memecahkan kaca mobil. Finalis Indonesian Idol musim kelima tahun 2008 asal Kota Medan ini mempelajari ilmu tersebut selama seminggu dari Youtube.

“Hanya butuh waktu 1 menit untuk pecah kaca. Alat yang digunakan busi dan mata kunci. Belajar dari YouTube seminggu. Untuk mobil yang ada alarmnya, kaca dipecahkan pakai pecahan busi,” kata Dede kepada wartawan di Polres Tangerang, Kamis  (20/9/2018).

Alat yang digunakan terbilang sangat sederhana, yaitu pecahan busi dan mata obeng. “Untuk mobil yang ada alarmnya, kaca dipecahkan pakai pecahan busi,” kata Dede.

Caranya pun terbilang unik. Pecahan busi itu dibasahi air liur lebih dulu, setelah basah oleh iler, langsung saja dilemparkan ke kaca mobil kosong yang akan dirampok isinya. Dengan cara seperti itu, konon kaca bisa pecah tanpa menmbulkan suara berisik.

Menurut Dede, dalam beraksi dia selalu menyasar mobil yang di parkir di pinggir jalan dan rumah makan. “Mobil apa saja. Kalau yang ada alarmnya, pakai pecahan busi. Kalau tidak ada alarm, pakai mata obeng,” katanya.

Dede mengaku sudah setahun menjalankan aksi pencurian dengan modus pecah kaca ini. Aksi dilakukan berdua dengan kakak kandungnya, Deni Fredla Ochrels (34).

Dalam aksinya, keduanya memiliki peran masing-masing. Dede Idol berperan sebagai otak sekaligus eksekutor, sedangkan Deni bertugas mengamati situasi.

“Kurang lebih setahun terakhir dari pengakuan mereka, tapi masih kita compare,” ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan, Kamis (20/9/2018)

Terakhir, Dede Richo dan Deni beraksi di sebuah restoran ayam goreng cepat saji di BSD, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, pada Sabtu (15/9/2018) lalu, sekitar pukul 23.00 WIB. Dari dalam mobil tersebut, Dede Idol dan kakaknya berhasil menggasak satu tas berisi sebuah drone DJI MAVIC berwarna silver.

Dua hari kemudian, polisi menangkap Dede di kos-kosan di Rawa Kucing, Sewan Neglasari, Kota Tangerang. Sementara Deni dibekuk pada Rabu (19/9/2018) kemarin, di Perumahan Icon Sampora, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Dede mengaku usai mengikuti Indonesian Idol 2008, popularitasnya kian merosot. Job menyanyi on air maupun off air semakin sepi. Dede pun jatuh miskin sehingga terpaksa mencuri.

Selain itu, dia perlu uang untuk membiayai sekolah anaknya di Pesantren Darul Quran. Sebagian hasil mencurinya juga dia berikan kepada anak yatim dan ibu-ibu di pinggir jalan.

Ya, Robin Hood kesasar ini sekarang hanya bisa meratapi nasibnya. Saat menceritakan kisahnya itu, sesekali dia meringis menahan sakit lantaran betis kakinya ditembus peluru petugas. Polisi memang menembak betis keduanya karena berusaha lari saat akan diringkus. (jar)

 

 

 

News Feed