oleh

Tragis! Finalis Indonesian Idol Alih Profesi Jadi Maling

-Hukum-188 views

 

Tangerang, Radar Pagi – Nasib Dede Richo Ramalinggam (29) terbilang tragis. Sepuluh tahun lalu di tahun 2018, dia menjadi finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Saat itu, hampir setiap malam wajahnya menghiasai layar kaca dengan tarikan suaranya yang merdu. Kini, nasibnya berubah 180 derajat. Dia tak lagi menjadi penyanyi, tapi terjerumus ke dalam lembah hitam menjadi pencuri spesialis pecah kaca mobil.

Bersama kakak kandungnya, Deni Fredla Ochrels (34), Dede sudah setahun terakhir mencuri barang-barang yang ditinggalkan pemiliknya di dalam mobil. Caranya dengan terlebih dahulu memecahkan kaca mobil tersebut.

“Kurang lebih setahun terakhir dari pengakuan mereka, tapi masih kita compare,” ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan, Kamis (20/9/2018)

Terakhir, Dede Richo dan Deni beraksi di sebuah restoran ayam goreng cepat saji di BSD, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, pada Sabtu (15/9/2018) lalu, sekitar pukul 23.00 WIB. Dari dalam mobil tersebut, Dede Idol dan kakaknya berhasil menggasak satu tas berisi sebuah drone DJI MAVIC berwarna silver.

Dua hari kemudian, polisi menangkap Dede di kos-kosan di Rawa Kucing, Sewan Neglasari, Kota Tangerang. Sementara Deni dibekuk pada Rabu (19/9/2018) kemarin, di Perumahan Icon Sampora, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Mengenai kemungkinan keterlibatan Dede Richo dengan jaringan pencuri, Ferdi mengatakan bahwa sementara masih dilakukan secara individu. “Sementara dari pengakuan masih individu. Mereka berdua kakak adik karena motif ekonomi,” kata Ferdy.

Kepada polisi, Dede mengaku perlu uang untuk membiayai sekolah anaknya di Pesantren Darul Quran. Sebagian hasil mencurinya juga dia berikan kepada anak yatim dan ibu-ibu di pinggir jalan.

Ya, Robin Hood kesasar ini sekarang hanya bisa meratapi nasibnya. Saat menceritakan kisahnya itu, sesekali dia meringis menahan sakit lantaran betis kakinya ditembus peluru petugas. Polisi memang menembak betis keduanya karena berusaha lari saat akan diringkus. (jar)

 

News Feed