oleh

KPK Bantah Pernah Beri Tahu Zumi Zola Bakal Ada OTT

-Hukum-173 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah kesaksian Ketua DPRD Jambi, Cornelis Buston, bahwa dirinya tahu tim Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK pernah menelepon Gubernur non aktif Jambi Zumi Zola pada Oktober 2016 untuk memberi informasi akan ada operasi tangkap tangan (OTT).

Febri Diansyah selaku Juru bicara KPK menegaskan tim Korsupgah KPK baru masuk ke Pemprov Jambi pada November 2017. Sedangkan Cornelis mengaku diberitahu Zumi Zola mengenai telepon tersebut pada 2016.

“Korsupgah secara resmi masuk Jambi itu sekitar akhir 2017. Seingat saya November 2017, melalui rapat kerja dengan pimpinan daerah di sana,” kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Menurut Febri, tidak mungkin ada OTT pada 2016, sementara penyelidikannya sendiri baru dilakukan pada 2017.  “Jadi tidak akan mungkin ada info tangkap tangan 2016. Karena penyelidikan baru mulai Agustus 2017,” katanya. 

Dia mengira mungkin telepon yang dimaksud Cornelis berisi peringatan dari tim KPK kepada para kepala daerah untuk tidak melakukan korupsi.

“Jadi konteksnya peringatan dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Dan tak mungkin pihak pencegahan sudah mengetahui OTT, sementara penyelidikan baru dimulai setahun ke depan,” katanya. (cahyo)

News Feed