oleh

Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni: Keberadaan Polres Penting untuk Dukung Pembangunan

 

Intan Jaya, Radar Pagi – Kabupaten Intan Jaya, Papua, akan memiliki Polres sendiri. Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, SS, M.Si pada Selasa (21/8/2018) silam, telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) berupa hibah tanah/bangunan yang bersumber dari APBD untuk dijadikan Markas Polres Intan Jaya (Polres Persiapan).

Penandatanganan NPHD dilakukan di Nabire, Papua, antara Bupati Intan Jaya selaku pihak kesatu dengan AKBP Yuli K. Pongbala, S.Pd sebagai pihak kedua. AKBP Yuli adalah perwira yang bertugas sebagai Liaison Officer (Perwira Penghubung) Polda Papua di Intan Jaya.

Terkait rencana tersebut, Bupati Natalis Tabuni menjelaskan pentingnya pembentukan Polres Intan Jaya untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Intan Jaya.

“Polres ini penting untuk Intan Jaya yang saat ini baru ada Polsek saja,” kata Bupati kepada Radar Pagi, Jumat (28/9/2018).

Menurut Bupati, keberadaan Polres nantinya termasuk ke dalam Forkompimda yang terdiri dari Bupati, DPRD, Dandim, Kapolres dan Kejaksaan.

Dengan adanya Polres, kata Bupati, maka hukum positif dapat dikedepankan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, mengingat selama ini di Intan Jaya lebih banyak menerapkan hukum adat.

Bupati sendiri sebagai putra asli Intan Jaya tidak mempermasalahkan penyelesaian masalah secara adat, namun untuk beberapa kasus seperti kasus pembunuhan misalnya, diperlukan penyelesaian secara hukum positif untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku.

Contoh lainnya, kata Bupati, dengan adanya Polres, maka diharapkan oknum-oknum masyarakat tidak seenaknya lagi melakukan pembakaran maupun penjarahan terhadap kantor-kantor pemerintah seperti yang terjadi pasca pilkada kemarin.

Mengenai penolakan pembentukan Polres yang disuarakan Komisi Somatua karena khawatir akan kemungkinan adanya oknum-oknum aparat yang melakukan tindak kekerasan kepada masyarakat, Bupati bisa memahaminya.

“Semua orang bebas menyampaikan pendapatnya, yang penting harus jelas,” katanya.

Untuk mensosialisasikan rencana pembentukan Polres sekaligus menampung aspirasi masyarakat atas hal tersebut, Bupati berencana akan melakukan dialog dengan berbagai pihak.

“Kami akan tampung (aspirasinya) dan bicarakan dengan baik,” katanya. (Om Yan)

 

 

News Feed