oleh

Polri Evakuasi 410 Jenazah Korban Gempa-Tsunami Palu

-Sulawesi-66 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter yang terjadi Jumat (28/9/2018) kemarin meluluhlantahkan Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Gelombang tsunami yang melanda setelahnya semakin memperparah keadaan.

Sampai Sabtu (29/9/2018) malam, tercatat 410 orang tewas dan ratusan luka-luka. Jumlah itu dipastikan masih bisa bertambah karena masih banyak korban hilang belum ditemukan. Jumlah itu pun baru di Kota Palu saja, belum yang termasuk di Kabupaten Donggala. 

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan personil Brimob dan Sabhara telah melakukan evakuasi 410 jenazah yang menjadi korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu.

“Brimob dan Sabhara sudah melakukan evakuasi. Sudah ratusan mayat. Di RS Bhayangkara telah dievakuasi 410 mayat,” ujar Dedi, Sabtu (29/9/2018).

Dari 410 jenazah, 97 telah berhasil diidentifikasi dan 30 di antaranya telah dibawa pulang pihak keluarga.

“Yang sudah diidentifikasi 97 jenazah dan 30 di antaranya dibawa pulang keluarga,” katanya.

Namun, saat ini masih banyak korban yang belum berhasil dievakuasi, terutama yang menjadi korban reruntuhan bangunan.

“Kondisi di evakuasi (baru sebatas di) pantai sekitar yang terlihat. Kalau yang belum berhasil evakuasi (di bawah) reruntuhan bangunan. Peralatan sangat terbatas,” katanya.

Di tengah keterbatasan peralatan, bantuan  tenaga terus berdatangan ke Palu dan Donggala. Selain berasal dari unsur TNI/Polri/SAR, juga berasal dari kalangan swasta. Salah satunya Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI) yang menurunkan Tim Reaksi Bencana (TRB SKPI) menuju Palu.

“Kami telah melakukan pemetaan dan berdasarkan data anggota kami yang sudah dilokasi bencana, kami sudah mengetahui kebutuhan awal untuk para korban, dan kami siap untuk terjun melalui kota Poso karena bandara di Palu masih ditutup,” kata Sekretaris Jenderal SKPI Fauzan Rachmansyah di Jakarta Selatan, Sabtu (29/8/2018).

Selain melakukan pemetaan SKPI juga sudah siap membawa beragam bantuan yang diharapkan dapat meringankan penderitaan para korban. (mas)

Baca juga: http://radarpagi.com/90-gempa-susulan-terjadi-di-palu-dan-donggala-bnpb-minta-bantuan-satelit-pbb/   

 

 

News Feed