oleh

Disnaker Kota Tangerang Kembangkan Tenaga Kerja Mandiri Jadi Wirausaha Baru

-Ekonomi-717 views

 

Tangerang, Radar Pagi – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan terus berupaya dalam perluasan dan penempatan tenaga kerja. Selain memfasilitasi pencari kerja sektor formal Turut diadakan kegiatan pemberdayaan pengembangan tenaga kerja mandiri menjadi wirausaha baru.

Kabid penempatan dan perluasan tenaga kerja pada Disnaker Kota Tangerang, Iing Riskomar menuturkan, kegiatan pemberdayaan pengembangan tenaga kerja mandiri menjadi wirausaha baru diadakan melalui kegiatan pelatihan teknologi tepat guna meliputi pelatihan pemasaran online dan tenaga kerja mandiri berupa pelatihan digital printing.

“Pelatihan diadakan untuk memfasilitasi tenaga kerja mandiri menjadi wirausaha yang handal sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi diri sendiri dan orang lain,” kata Iing Riskomar, beberapa saat lalu.

Ia menjelaskan kegiatan pelatihan teknologi tepat guna mengikuti tren perkembangan zaman dimana saat ini pemasaran online sangat ampuh dalam memperkenalkan dan pengembangan produk usaha. Pada tahun ini peserta berasal dari lulusan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Pesertanya lulusan pelatihan menjahit di BLK sehingga tidak hanya kompetensi menjahit yang didapatkan tetapi kemampuan dalam pemasaran,” ucapnya.

Menurutnya program tersebut salah satu dari berbagai upaya Pemkot dalam perluasan penempatan tenaga kerja. Selain mengadakan bursa kerja hingga tingkat Kecamatan dan fasilitasi penerimaan tenaga kerja yang bekerjasama dengan perusahaan dan industri di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Rakhmansyah menambahkan, inovasi dan terobosan dalam menjadikan masyarakat sebagai wirausaha baru terus dilakukan.

Persaingan di era global saat ini, dibutuhkan keterampilan agar masyarakat bisa terus bersaing dan mendapatkan pekerjaan. “Perkembangan zaman harus diimbangi dengan kemampuan skill yang mumpuni. Maka itu kita lakukan pelatihan,” ujarnya. (ril)

 

News Feed