oleh

Tangis Pengungsi Sambut Kedatangan Jokowi di Palu

-Sulawesi-150 views

 

Palu, Radar Pagi – Isak tangis korban gempa menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Tiba di Palu, Sulawesi Tengah Rabu (3/10/2018) siang.

Kedatangan Jokowi kedua kalinya ini untuk melihat kembali kondisi penanganan pasca gempa dan tsunami di Kota Palu dan sekitarnya.

Setibanya di Bandara Sis Al-Jufri, rombongan  Jokowi langsung menuju rumah sakit darurat yang didirikan di bandara ini dan menjadi salah satu tempat pengungsian para korban. Di sini, Jokowi menyalami seluruh pasien dan pengungsi, serta mendengarkan keluhan mereka.

Seorang keluarga pasien dengan mata berkaca-kaca mengucapkan terima kasih atas kehadiran Jokowi di tengah mereka.

“Terima kasih Pak Jokowi yang telah melihat kami di Palu,” kata pria tersebut.

Dari Bandara Sis Al-Jufri, Jokowi kemudian  menuju daerah-daerah yang paling parah terdampak gempa, mulai dari Kelurahan Petobo, Rumah Sakit Wirabuana, hingga Hotel Roa-Roa.

Sebelumnya, Rabu pukul 07.00 WIB pagi tadi, dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU, Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengemukakan, “Selain itu, Presiden juga akan mengunjungi sejumlah hunian terdampak bencana dan juga lokasi pengungsian yang ada di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Bey dalam siaran persnya Rabu (3/10/2018) pagi.

Menurut Bey Machmudin, melalui kunjungan kali ini, Presiden ingin memastikan komitmen dan gerak cepat pemerintah dalam penanganan pascabencana yang terjadi di Sulawesi Tengah.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tengah, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Ikut pula Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir,  Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati.

Rencananya, Presiden beserta rombongan akan langsung kembali ke Jakarta pada Rabu sore hari melalui Helipad Halaman Kantor Bupati Donggala untuk kemudian berganti pesawat di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Kota Palu, dan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. (hadi)

 

News Feed