oleh

Kapolres Nias Selatan: Kita Tindak Tegas Penyebar Kampanye Hoax dan SARA

-Sumatera-137 views

 

Nias Selatan, Radar Pagi – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berupa Pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tinggal beberapa bulan lagi.

Pihak Kepolisian dan Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara pun turut mengawasi pergerakan para kontestan di wilayahnya.

Sebagai langkah awal, Kapolres Nias Selatan sudah menggelar Deklarasi Damai bersama para kontestan Pemilu serta unsur Forkampinda yang dilaksanakan di Halaman Polres Nias Selatan, Rabu (3/10/2019) kemarin.

Point penting yang disepakati pada Deklarasi Damai kemarin, di antaranya mewujudkan Pemilihan Umum  2019 yang berkualitas berazaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai serta menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi serta mewujudkan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Nias Selatan, selama masa Pemilu.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal Florentinus Napitupulu, SIK.,SH mengatakan pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai ini sebagai langkah cipta kondusif.

“Bersama-sama kita ciptakan Pemilu DPR dan Presiden yang Damai dan Berkualitas. Pada deklarasi ini selain stakeholder dan unsur Forkompinda, kita juga mengundang para caleg serta Ketua Parpol dan Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu),” ujar Faisal saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa saat lalu.

Lebih lanjut dia menyampaikan dengan dilakukannya penandatanganan Deklarasi Damai tersebut, para kontestan Pemilu dapat mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Harapan kita, semua (Kontestan Pemilu) dapat mematuhi undang-undang Pemilu,” katanya.

Mantan Kasubdit III Jahtanras Polda Sumut ini menegaskan pihaknya akan menindak tegas para kontestan Pemilu yang menyebarkan berita hoax dan isu SARA.

“Tentunya bersama koordinasi Bawaslu kita akan tindak tegas tim kampanye ataupun caleg yang menyebarkan hoax serta isu SARA, dan kita akan proses sesuai undang-undang yang berlaku,” tegas Faisal

Dalam waktu dekat, dirinya bersama jajarannya akan melakukan langkah-langkah persuasif dengan melakukan sambang ke desa-desa untuk mengkampanyekan Pemilu Damai 2019 tanpa menyebarkan fitnah dan menghujat kandidat peserta Pemilu. (Wilson loi)

Baca juga: http://radarpagi.com/dicari-siapa-setan-yang-suruh-ratna-berbohong/

News Feed