oleh

Polres Nias Selatan Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Parpol Sepakat Sukseskan Pemilu 2019

-Sumatera-76 views

 

Nias Selatan, Radar Pagi – Polres Nias Selatan bersama penyelenggara pemilu dan partai politik Deklarasikan Pemilu 2019 Damai yang berlangsung di Lapangan Polres Nias Selatan, Rabu (3/10/2018).

Deklarasi tersebut turut dihadiri Kapolres Nias Selatan, Asisten III, Lanal Nias, Danramil Telukdalam, Ketua KPU Nias Selatan, Bawaslu Nias Selatan, unsur partai politik, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sejumlah Parpol sebagai peserta Pemilu sepakat pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan Damai demi kemajuan Nias Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatangan surat kesepakatan Deklarasi Damai oleh partai politik serta unsur Forkompinda Nias Selatan.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. usai acara deklarasi damai mengatakan, dengan adanya deklarasi ini diharapkan semua pihak dapat mematuhi perundang-undangan pemilu.

“Kami pihak Polres Nias Selatan juga akan melakukan langkah-langkah Persuasif dan Preventif, yaitu dengan melakukan kegiatan sambang ke desa-desa dan mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama menciptakan situasi yang aman dalam pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 mendatang,” kata Faisal.

Ketua KPU Nias Selatan Alvian Jenny Dakhi mengharapkan parpol (caleg) dapat melaksanakan Pemilu Damai yang Kondusif tanpa melakukan pemecah belah dan melakukan kampanye Isu SARA serta money politik.

“Kita kepada peserta pemilu agar bisa menjalankan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” harap Jenny.

Ketua Bawaslu Nias Selatan melalui Divisi PHL Harapan Bawaulu menyampaikan kampanye merupakan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Kampanye adalah merupakan penyampaian visi dan misi prongram yang akan dicapai. Kita mengharapkan peserta pemilu tidak melaksanakan kampanye hitam. Kami (Bawaslu) telah menyampaikan kepada jajaran untuk mengawasi tahapan kampanye dan netral dalam melaksanakan tugas,” imbuh Harapan.

Kabupaten Nias Selatan dalam beberapa kali tahapan pemilu selalu mendapat masalah baik dari peserta pemilu itu sendiri maupun pada penyelenggara.

Kali ini ada 6 point Deklarasi Damai Pemilu yang disepakati yakni mewujudkan Pemilihan Umum  2019 yang berkualitas berazaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai serta menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi serta mewujudkan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Nias Selatan selama masa Pemilu tahun 2019. (Wilson loi)

Baca juga: http://radarpagi.com/ngibulnya-ratna-bikin-sederetan-orang-ini-minta-maaf-dan-kecewa/

News Feed