oleh

Danlanal Pimpin Upacara HUT TNI ke-73 di Lapangan Makodim 0213/Nias

-Sumatera-77 views

 

Nias Selatan, Radar Pagi – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Nias Kolonel Laut (P) Dian Poernomo Widhi, MTR.Hanla., menjadi Inspektur Upacara HUT TNI Ke-73 Tahun 2018 bertempat di Lapangan Makodim 0213/Nias Kota Gunungsitoli.

Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” dinilai sangat sesuai dengan berbagai peristiwa yang dialami negara saat ini, utamanya bencana yang melanda beberapa daerah seperti di Lombok serta Palu-Sigli-Donggala dan sekitarnya. Dalam berbagai musibah bencana tersebut, TNI hadir membantu mengatasi berbagai kesulitan masyarakat.

“Dalam kesempatan ini dipanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita di Lombok. Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala. Semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan tersebut,” ujar Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Danlanal Nias.

Menurut Panglima, TNI bersama komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu-membahu meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita. TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap

Sebagai alat negara, sambung Panglima, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks. Perkembangan politik, ekonomi dan teknologi global, telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru. Krisis ekonomi yang diikuti dengan ketegangan percaturan politik global, membawa ketidakpastian dan kekhawatiran dalam menjangka prospek masa depan. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif dibidang informatika, siber, komunikasi, transportasi, biomolekular, militer, ruang angkasa, dan lain sebagainya.

“Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakkan hukum dilaut, pengamanan wilayah udara, serta terlibat dalam pengamanan event-event strategis nasional dan internasional, seperti pengamanan Asian Games, Asian Para Games, dan pengamanan sidang tahunan IMF-World Bank di Bali. Tantangan masa kini yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah hirup-pikuk kehidupan politik dan demokrasi bangsa Indonesia,” tutur Panglima sebagaimana dibacakan Danlanal.

Panglima juga mengingatkan agar personil TNI senantiasa menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019. “Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019,” katanya.

Upacara ini diikuti oleh Pleton Perwira TNI dan Polri, Pleton BA/TA TNI dan Polri, Pleton PNS, Pleton Ormas dan OKP Pemuda Panca Marga kota Gunungsitoli,FKPPI Kota Gunungsitoli.

Turut hadir dalam upacara ini Forkopimda se-Kepulauan Nias, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y.Reymond RS Purba, S.H., M.Tr (Han), Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan Sik.,Mh, Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu S.Ik MH, Mewakili Walikota Gunungsitoli Ir Agustinus Zega, Wakil Bupati Nias Utara Haogoseokhi Hulu.

Hadir pula Kepala BNNK Gunungsitoli AKBP Faduhusi Zendato SH.MH., Ketua DPRD Kab. Nias Barat, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Mery Donna Tiur Pasaribu, S.H., M.H, Ibu-ibu Persit KCK cabang LXVI DIM 0213/Nias, Ibu-ibu Jalasenastri Lanal Nias, Ibu-ibu Bhayangkari Polres Nias, serta ibu-ibu Warakawuri. (Wilson Loi)

News Feed