oleh

Ditangkap di Bandara Soetta, Ratna Hendak ke Chile dengan Dukungan Pemprov DKI

-Hukum-236 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Ratna Sarumpaet sudah dijadikan tersangka. Dia dianggap melanggar pasal 14 UU Nomor 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan pasal 28 UU Informasi dan Transaksi Elektronik terkait dugaan penyebaran berita bohong mengenai pengeroyokan.

Juru kampanye pasangan carpres-cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno itu pun ditangkap Kamis (4/10/2018) kemarin malam di Bandara Soekarno – Hatta (Soetta) Tangerang, saat hendak terbang menuju Santiago, Chile dengan pesawat Turkish Airlines.

Ratna mengaku ke Santiago untuk menghadiri konferensi penulis naskah teater perempuan sedunia atau Women Playwrights International Conference. “Ini dalam rangka kebudayaan, saya diberangkatkan oleh Pemda DKI,”  katanya kepada salah satu televisi swasta nasional, sesaat lalu.

Saat ditangkap, Ratna sudah duduk di dalam pesawat, namun sebelum pesawat tinggal landas, tiba-tiba dia didatangi petugas imigrasi. Ratna diminta keluar dari pesawat dengan alasan sudah dicekal pihak kepolisian.

Insank Nasruddin selaku kuasa hukum Ratna menjelaskan kliennya tidak berniat menghindari proses hukum dengan kabur ke Chile. Diamenegaskan bahwa kepergian Ratna ke luar negeri adalah untuk menghadiri konferensi internasional penulis naskah drama.

“Pemberangkatan ke luar negeri ini memang sudah direncanakan jauh-jauh hari,” kata Insank di kediaman Ratna di Tebet, Jakarta, Jumat (5/10/2018) dini hari.

Insank menjelaskan, saat ditahan, Ratna belum mengetahui dia dicekal ke luar negeri oleh Imigrasi. “Ini undangan sudah lama diagendakan, makanya Ibu bergegas untuk berangkat, tapi bukan melarikan diri,” katanya.

Di tempat terpisah, Pemprov DKI Jakarta kepada wartawan membenarkan bahwa keberangkatan Ratna ke Chile untuk menghadiri konferens yang berlangsung pada 7-12 Oktober mendatang.

“Pemprov DKI pada tanggal 31 Januari 2018 mendapatkan surat permohonan dari Ratna Sarumpaet. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chile,” ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI Jakarta Asiantoro, beberapa saat lalu.

Surat permohonan tersebut diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018. Kemudian surat tersebut didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” katanya.

Radar Pagi yang melakukan penelusuran  di Instagram Women Playrights International (WPI) yakni di instagram.com/wpichile2018, memang menemukan nama Ratna Sarumpaet tercantum sebagai salah satu pembicara di konferensi tersebut.

Menghadiri konferensi penulis naskah drama ke luar negeri memang sah-sah saja, asal jangan pergi ke luar negeri lantas tidak balik-balik lagi seperti yang sudah-sudah. (hadi)

Baca juga: http://radarpagi.com/dicari-siapa-setan-yang-suruh-ratna-berbohong/

News Feed