oleh

Pemprov DKI Habis Rp70 Juta untuk Ongkos Ratna ke Chile

-Nasional-732 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Ratna Sarumpaet sebenarnya menjalami kehidupan dengan lumayan enak. Selain bisa menampung dana bantuan korban kapal tenggelam di Danau Toba yang diduga digunakannya juga untuk biaya operasi plastik, Ratna pun bisa jalan-jalan menghadiri konferensi penulis naskah drama di Chile dengan dibiayai sepenuhnya oleh Pemprov DKI.

Malangnya, dua hal terakhir tadi tidak berjalan mulus. Polisi mengendus dugaan penyalahgunaan dana bantuan Danau Toba, dan perjalanan ke Chile terpaksa batal karena Ratna keburu ditangkap di dalam pesawat Turki Airlines di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (4/10/2018) malam kemarin.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Asiantoro mengakui Pemerintah Provinsi DKI menggelontorkan dana Rp70 juta untuk membiayai perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile.

Biaya Rp70 juta itu diberikan Pemprov untuk membiayai tiket pesawat pulang pergi, akomodasi, dan uang saku untuk Ratna selama di Chili.

“Untuk tiket, uang saku, dan akomodasinya sekitar kurang lebih Rp70 juta,” kata Asiantoro di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Asiantoro memang tak merinci asal dana itu, apakah dari dana hibah APBN atau APBD. Tapi sejatinya, masyarakat tentu memahami bahwa uang itu adalah uang rakyat.

Menurut Asiantoro, Ratna telah mengajukan proposal ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI,”  kata dia.

Karena Ratna dianggap sebagai seniman profesional, kata Asiantoro, permohonan itu langsung disetujui.

Di tempat terpisah, Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut permohonan sponsor Ratna Sarumpaet sebagai hal yang wajar.

“Kita memberikan fasilitas dukungan itu, karena yang bersangkutan pernah menjadi ketua dewan kesenian di DKI Jakarta. Jadi ini proses biasa, normal,” kata Anies kepada wartawan di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).
Dia menegaskan, bukan hanya Ratna Sarumpaet yang diterima permohonannya. Pemprov DKI, katanya, ingin seniman-seniman tampil di dunia sehingga membawa dampak positif bagi Indonesia. Karena itu, Pemprov menurutnya sudah beberapa kali memberikan sponsor.

Lantas apa keuntungan bagi Pemprov DKI membiayai perjalanan Ratna ke Chile?

“Ketika karya-karya kita, seniman kita tampil di dunia internasional ,maka itu membantu promosikan kebudayaan Indonesia,” kata Anies. (jar)

Baca juga: http://radarpagi.com/dicari-siapa-setan-yang-suruh-ratna-berbohong/

News Feed