oleh

Sah! Tata Tertib DPRD Kota Palangka Raya Dirubah

-Kalimantan-173 views

 

Palangka Raya, Radar Pagi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, mengesahkan perubahan tata tertib DPRD kota setempat, di antaranya yang mengatur masalah pergantian pimpinan jika terjadi kekosongan.

“Juga terjadi penyesuaian terkait aturan paripurna, agar kami tidak terlalu kesulitan dalam pengambilan keputusan maka kita fleksibelkan,” kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, Selasa (9/10/2018).

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah yang hadir dalam rapat ini berharap dengan perubahan tata tertib tersebut kinerja DPRD dalam pelaksanaan pemerintahan terus meningkat.

“Kami juga berharap koordinasi dan kerja sama antara pemerintah kota dan lembaga DPRD juga semakin baik, agar pelaksanaan pembangunan semakin maksimal,” kata Umi.

Sementara Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Kota Palangka Raya Riduanto yang membacakan laporan perubahan tata tertib DPRD mengatakan perubahan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018.

Pembahasan telah dilakukan oleh pansus dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2018.

“Tujuan dari raperda ini ialah membentuk peraturan yang mengikat secara internal serta optimalisasi tugas, fungsi, hak, dan wewenang kewajiban DPRD dalam pemerintahan,” kata Riduanto.

Menurutnya, Pansus IV telah melakukan konsultasi ke daerah lain untuk mengkaji dan membandingkan draf tata tertib yang telah dibuat di Palangka Raya dengan yang dibuat oleh DPRD di daerah lain. (ria)

Baca juga: http://radarpagi.com/jokowi-wan-azizah-bahas-pendidikan-anak-dan-penculikan-tki/

News Feed