oleh

Ini Tanggapan Polri Soal Augie Fantinus Jadi Tersangka

-Hukum-864 views

 

Jakarta, Radar Pagi – Pesinetron dan presenter Augie Fantinus ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik oleh Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

“Ya sudah (jadi tersangka),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Terseretnya Augie dalam kasus ini berawal dari video yang diunggahnya di Instagram. Dia mengaku ditawari tiket oleh polisi saat sedang antre untuk menonton pertandingan basket di ajang Asian Para Games 2018, yang di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Kamis (11/10/2018) kemarin.

“Gua KECEWA dan EMOSI dengan kejadian ini!!!! Polisi yg seharusnya tugas MENJAGA dan MELAYANI masyarakat justru OKNUM POLISI INI jadi CALO!! Ini OKNUM!!” tulis Augie di caption Instagramnya, @augiefantinus.

Namun unggahan Augie itu dibantah oleh Polri. Kombes Argo Yuwono mengatakan polisi yang dimaksud sebenarnya sedang membantu rombongan SD Tarakanita untuk refund (pengembalian) tiket, tapi saat itu ticket box tutup.

Menurut Argo, kasus Augie harus menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk bijak dalam menyebarkan kabar di media sosial. Pada saat bersamaan, masyarakat harus mengecek lebih dulu kebenaran dari hal yang ingin diviralkan.

“Ini jadi pengalaman contoh. Kalau tidak benar jangan dilakukan,” ujar Argo.

Apalagi sebagai artis, Augie harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat. “Namanya publik figur harus punya etika. Harus patut jadi contoh,” kata Argo.

Augie diketahui memang pecinta olahraga bola basket dan pernah menjadi manajer Timnas Basket Indonesia. Bahkan saking getolnya bermain basket, beberapa tahun lalu dia pernah mengalami serangan jantung saat sedang berlatih.

Dia dijerat dengan Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 27 Ayat 3 UU ITE dan Pasal 310 Ayat (1) jo Pasal 311 KUHP. Ancaman hukumannya enam tahun penjara.

Saat berita ini diturunkan, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah melakukan penahanan terhadap Augie Fantinus. (gunawan)

Baca juga: http://radarpagi.com/augie-fantinus-resmi-ditahan-di-mapolda-metro-jaya/

News Feed