oleh

Sstt!! Sekarang Jokowi Punya Tongkat Kyai

-Nasional-171 views

 

Demak, Radar Pagi – Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pondok Pesantren Girikesumo, di Desa Banyumeneng, Kabupaten Demak, Jumat (19/10/2018) malam. Di sana, dia diberi sebuah tongkat dari K.H. Munif Muhammad Zuhri.

KH Munif Zuhri (Gus Munif) merupakan salah satu kiai karismatik yang memiliki ribuan santri dan tersebar di seluruh nusantara. Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang warna gelap itu, disambut langsung Gus Munif dan Bupati Demak M Natsir di depan gerbang pondok.

Ratusan santri yang telah menunggu kedatangan Presiden RI ke-7 itu, langsung mengiringinya dengan shalawat saat rombongan memasuki areal Ponpes Girikusumo.

Jokowi pun membalasnya dengan salam dan langsung menuju Masjid Ageng Girikusumo untuk menunaikan salat Magrib berjamaah.

“Saya ini sering ke Semarang. Tapi setelah kedatangan saya ke Pak Kiai di 2014, saya belum pernah (bertemu lagi). Jadi pas ini saya ke Semarang saya sangat menyempatkan diri untuk bertemu beliau,” ujar Jokowi usai silaturahmi.

Dalam kesempatan itu, keduanya pun membicarakan banyak hal.  Salah satunya mengenai kebangsaan dan ketatanegaraan. Presiden berujar, sejumlah pandangan yang disampaikan oleh pimpinan ponpes yang meneruskan kepemimpinan ayahnya pada 1997 itu sangatlah berkesan.

“Beliau menyampaikan pandangan-pandangan yang menurut saya pandangan beliau mengenai ketatanegaraan sangat luar biasa,” tuturnya.

Ketika Jokowi dimintai pendapatnya soal Hari Santri yang akan diperingati pada 22 Oktober mendatang, dia menyatakan komitmen pemerintah untuk terus memberikan perhatian dan dorongan lebih kepada pondok pesantren untuk dapat melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak mulia.

“Ke depan kita ingin memberikan perhatian kepada pondok pesantren dan para santri dalam rangka pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang akhlakul karimah, yang memiliki kemampuan tinggi, dan yang bisa berkompetisi dengan negara lain,” tegasnya.

Saat berbicara kepada wartawan, Jokowi nampak menenteng sebuah tongkat. Menurut Jokowi, tongkat tersebut milik Gus Munif yang diberikan kepadanya.

“Tongkat ini milik beliau (Gus Munif), tadi diberikan kepada saya. Diberi ya saya Alhamdulillah,” kata Jokowi.

Tongkat itu, lanjut Jokowi, mempunyai makna dan biasa dipakai Gus Munif.

“Ada maknanya, tadi sudah disampaikan (kepada saya), tapi tidak boleh disampaikan (kepada umum),” ujar Jokowi. (gun)

Baca juga: http://radarpagi.com/harga-pakan-naik-peternak-ayam-menjerit/

 

 

News Feed